MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR

Samsidar Samsidar

Abstract


Pembelajaran IPA di sekolah dasar sebagian besar masih menggunakan metode konvensional. Ceramah, penugasan dan latihan-latihan dari guru masih mendominasi pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang melibatkan aktivitas bersifat jarang dilakukan. Guru masih menjadi sentral dalam menginformasikan fakta dan konsep melalui metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA di kelas VI SDN 263 Rancaloa Kota Bandung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas VI. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai prasiklus, siklus I dan siklus II yang meningkat dari 61,5 menjadi 67,5 pada siklus I dan 79 pada siklus II.

 

Kata kunci: Model kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar IPA


Full Text:

PDF

References


Akbar Sa’dun (2010). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya

Arends, Richard. 2008. Learning to teach. Jogjakarta. Pustaka Pelajar

Brahim, K.T. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV SD Melalui Pendekatan Penempatan Sumber Daya Alam Hayati Di Lingkungan Sekitar.(online) 8 april 2014.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Sunal. 1993. Social Studies for the Elementary and Middle Grades: A Constructivist Approach, MyLabSchool Edition (2nd Edition) dari http://www.amazon.com/Social-Studies-Elementary-Middle- Grades/dp/0137048858/ref=dp_ob_title_bk


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.