MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELAS I SD NEGERI 222 PASIR POGOR

Siti Saonah

Abstract


Kemampuan membaca dan menulis permulaan di kelas I adalah pondasi yang menentukan bagi peserta didik untuk melangkah ke tingkat berikutnya. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut peneliti menggunakan media gambar sebagai salah satu alternatif cara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom activity research) berdasarkan alur siklus PTK Kemmis dan McTaggart. Kemampuan membaca dan menulis peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal sebelum dilakukan penelitian nilai rata-rata sebesar 64. Dengan adanya penelitian meningkat menjadi 78 dari standar ketuantasan minimal yaitu 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik di kelas I Sekolah Dasar Negeri 222 Pasirpogor Kecamatan Rancasari Kota Bandung.

 

Kata kunci: kemampuan membaca dan menulis permulaan, media gambar

Full Text:

PDF

References


Hopkins. 1993. A Teacher's Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open

University Press

Lerner. 1988. Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya.

Rochiati Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slamet. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS

Press.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.