METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 263 RANCALOA KOTA BANDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran di kelas V SD Negeri 263 Rancaloa Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 263 Rancasari yang berjumlah 35 peserta didik. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tindakan pembelajaran siklus I peserta didik bermain peran berdasarkan naskah percakapan. Tindakan bermain peran siklus II berdasarkan naskah drama. Siklus II lebih difokuskan pada Pembelajaran keterampilan berbicara melalui metode bermain peran menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara peserta didik. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai belajar keterampilan berbicara peserta didik. Peningkatan yang terjadi yaitu, rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 81,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 88%.
Kata kunci: Metode Bermain peran, hasil belajar
Full Text:
86-93References
Ahmad Rofi'uddin dan Darmiyati Zuhdi. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra. Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan. Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks. Eprilia
Tarigan, HG. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v1i1.810
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Elementaria Edukasia