UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI TK BUDI ASIH I KECAMATAN BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

N. Umsari

Abstract


Tugas guru adalah mendiagnosis kebutuhan belajar, merencanakan pelajaran, memberikan presentasi, mengajukan pertanyaan, dan mengevaluasi pengajaran. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat yang kritis bagi kegiatan intruksional yang efektif agar seorang guru berhasil mengelola kelas hendaklah ia mampu mengantisipasi tingkah laku siswa yang salah dan mencegah tingkah laku demikian agar tidak terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis. Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengguakan metode pembelajaran  pada 2 orang guru kelas A adalah melalui Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) melalui teknik supervisi klinis. Penelitian ini dilaksanakan di TK Budi Asih I Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan analisis SWOT, yang terdiri dari unsur-unsur S-Strength (kekuatan), W-Weaknesses (kelemahan), O-Opportuniy (kesempatan), T-Threat (ancaman). Empat hal tersebut dilihat dari sudut kepala sekolah yang melaksanakan dan guru yang dikenai tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran meningkat,

guru lebih menguasai indikator dalam penguasaan metode pembelajaran.

 

Kata Kunci: Kemampuan Guru, Supervisi Klinis

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dedi Supriadi, 2002. Laporan Akhir Tahun Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel. Jakarta: Kompas

Depdiknas, 2002. Kurikulum dan HAsil Belajar Kompetensi Dasar. Jakarta: Balitbangdiknas

Depdiknas, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Em Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, 2006. Kamus Lengkap Kesenian. Jakarta: Difa Publisher

J. La Solo, 1983. Pendekatan dan Teknik-teknik Supervisi Klinis. Jakarta: Departemen P dan K, Ditjen Pend. Tinggi (PPLPTK)

Nana Sudjana, 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Ngalim Purwanto, 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Piet A. Sahertian, 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengambangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Samuel Smith, mengjarkan-Keterampilan-sebuah-pemikiran.html diakses dari http://chamisah.blogspot.com

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.