MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS V SDN SUNIA II MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS)

Cupyana Tajudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kondisi motivasi belajar siswa Kelas V SDN Sunia II pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Mengetahui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa Kelas V SDN Sunia II. Penelitian ini dilakukan di Kelas V Semester 1, program pengajaran tahun 2016/2017di SDN Sunia II, dengan jumlah Kelas V sebanyak 30 siswa, kondisi kekhususan siswa ini memungkinkan tingkat kemampuan dan daya serap siswa tersebut sangat bervariasi. Peneliti adalah guru Pendidikan Agama Islam di SDN Sunia II. Hasil belajar siswa Kelas V SDN Sunia II Kecamatan Banjaran pada kompetensi dasar tentang Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun dapat mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah diterapkan kegiatan pembelajaran melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) 2)  Nilai rata-rata pemahaman siswa dalam memperhatikan permasalahan, pada siklus pertama sebesar 72 pada siklus kedua pada siklus kedua sebesar 77 sedangkan pada siklus ketiga sebesar 84, tergolong baik demikian juga tentang ketuntasan belajar pada siklus pertama 61 % dan pada siklus kedua menjadi 83. % sedangkan pada siklus ketiga menjadi 100 %3) Aktifitas siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran dapat meningkat sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih berpusat pada siswa.


 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk, 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Bumi Aksara.

E. Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Ihsan, Fuad.1996. Dasar – Dasar Kependidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Ngalim Purwanto. 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nur dan Wikandari, 2000. Strategi Inovasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Sujana, Nana. 2001. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung : Sinar Baru Argensindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.