EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PERKALIAN MELALUI METODE JARIMATIKA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR KELAS I SDN SINDANGWANGI I TAHUN 2016

Sumiati Sumiati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan disuatu kelas, guna untuk mengajarkan suatu metode baru, untuk meningkatkan prestasi kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa kelas I SD Negeri Sindangwangi I Kecamatan Sindangwangi pada mata pelajaran Matematika  pada  bab  perkalian  melalui  metode  jarimatika.  Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dengan 3 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian yang terdiri dari 1 ) Planing, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran dan membuat instrument penelitian lainnya. 2 ) Acting, Melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika pada bab perkalian. 3 ) Observing, Pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4 ) Reflecting, Menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Sindangwangi I Kecamatan Sindangwangi yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 16 Siswa Laki – laki dan 10 Siswi Perempuan. Penelitian ini   menggunakan metode Jarimatika pada saaat pembelajaran Matematika. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode Jarimatika mampu meningkatkan prestasi KKM dan efektif terhadap mata pelajaran Matematika. Dapat dilihat dari hasil pengamatan siswa terhadap perhatian belajar siswa menunjukkan, Siklus I  nilainya memenuhi KKM ( 42,30% ) Siklus II menjadi ( 69,23% ) Siklus III menjadi ( 92,30% ). Sedangkan yang kurang memperhatikan siklus I (57,70% ) Siklus II menjadi ( 30,77% ) Siklus III menjadi ( 7,70% ). Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru atau calon guru untuk selalu   yang meningkatkan inovasi pembelajarannya dengan menggunakan media,metode, dan teknik pembelajaran yang bervariasi.

 

Kata Kunci: Metode Jarimatika, Ketuntasan Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk mata pelajaran Matematika.

Jakarta.

Septi Peni Wulandari. 2008. Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Tangerang: PT Kawan Pustaka

Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesiake-3 Edisi . Jakarta: Balai Pustaka

Oemar Hamalik, 2008. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: PT Tarsido

Surkanti, Santoso Joko, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Badan Penerbit- FKIP UMS

Nahdi, D. S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas. (I) hal. 13-22.

Nyimas Aisyah, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Fajar, Arnie. 2005. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh, Uzer. 1990. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasetyono, Dwi Sunar. 2009. Panduan Lengkap Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press

Yamin, Martinis. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat: Gaung Persada

Sriyanti, Lilik. 2009. Psikologi Pendidikan. Salatiga: STAIN Salatiga.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Diknas, 2008. Buku Keterangan Ketuntasan Minimal. Jakarta: Diknas

Udin S. Winata Putra. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.