PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA IPA KELAS V SD

Nurlianah Nurlianah

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Lengkongwetan I disebabkan kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui penggunaan alat peraga IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga IPA kelas V di SD Negeri Lengkongwetan I. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 22 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 8 siswa dari 22 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 36% dan daya serap klasikal sebesar 63%. Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 18 siswa dari 22 orang siswa yang mengikuti pembelajaran dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 82% dengan daya serap klasikal sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan alat perga IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Lengkongwetan I.

Kata Kunci: Alat Peraga IPA, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (1998). Metodologi Penelitian. [on-line] Tersedia: belajarstatistik.wordpress.com/2008/09/28/metodologi-penelitian [3 Maret 2014]

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar dan MI. Jakarta: Depdiknas.

Milles dan Hilberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Terjemahan Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia

Nurbaya. (2007). Penerapan Teknik Simulasi Dalam Matra Kognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII Otomotif A SMP Negeri 15 Palu. Skripsi Sarjana Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako: Tidak diterbitkan

Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. (2001). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar [online] TersediaHttp://harminingsih.blogspot.com/2008/08/faktorfaktor yang mempengaruhi hasil belajar.html [2 Maret 2014]

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendididikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfa Beta

Suherman, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.