PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN METODE PENEMUAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI CIKIJING III KEC.CIKIJING KABUPATEN MAJALENGKA

Cucu Maesaroh

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Cikijing. Peneliti mencoba solusi metode pembelajaran penemuan sebagai metode yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. tujuan penelitian ini adalah untuk mengupayakan penerapan metode penemuan secara tepat dan efektif dalam penyelenggaraannya pembelajaran matematika, sehingga guru mengetahui persis kelebihan dan kekurangan dari suatu metode secara akurat. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa Kelas VI SD Nageri Cikijing III sebanyak 20 orang. Dari hasil penelitian ini terungkap pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang dengan menggunakan metode penemuan, cukup menarik bagi siswa, serta cenderung hasil belajar yang diperoleh meningkat. Data menunjukkan hasil pretest dari siklus I dengan rata-­rata nilai 5,6 meningkat setelah diadakan tindakan menjadi 6,6 (nilai post tes). Juga pada siklus II yang terlihat dalam hasil pas tes dengan rata-rata nilai 5,95 meningkat setelah diadakan tindakan menjadi 6,95. Dari data tersebut adanya peningkatan hasil belajar sebesar 1,00.

 

Kata Kunci: Metode Penemuan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Depertemeri Pendidiken dan Kebudayaan. (1983). Keputusen Mendikbud tentang Pengadaan dan Penyetaraan Guru SD Jakarta -Depdikbud.

Hiebert, J. & Carpenter, T.P. (1992). Learning and Teaching With understanding dalam D.A Grows (Fd) Handbook of Research on Mathematichs Teaching and Learning. Reston, Va: NCTM

Kompas. (7 Februari 2002). Fenomena Guru SD di Indonesia. Jakarta.

Nahdi, D. S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas. (I) hal. 13-22.

Nahdi, D. S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. (III) hal. 20-29.

Pieget, J. (1972). To Understand Is to Invent. New York: Grossmen.

Soediyarto. (1997/1998). Memantapkan Kinerja Sistem Pendidikan Nasional dalam Manyiapkan Manusia Indonesia Memasuki Abad Ke-21 Jakarta. Proyek Perencanaan Terpedu dan Ketenagaan Diklusepora.

Uzer, U. (1997). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.