Pengembangan Instrument Penilaian Pada Materi Siklus Air Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Dea Susi Nuraini, Decenni Amelia

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah, terlihat bahwa dari aspek pengetahuan 35%, pemahaman 30%, perhatian 60%, kesungguhan 45%, antusias 50%, dan aktivitas belajar 40%. Maka angka tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar yang dimiliki siswa cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument penilaian hasil belajar IPA materi siklus air kelas V Sekolah Dasar. Subjek pada penelitian ini adalah instrument penilaian hasil belajar IPA berupa kisi-kisi dan lembar tes pilihan ganda. Data pada penelitian ini diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan tes. Hasil yang didapatkan akan dianalisis validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Hasil analisis instrument penilaian hasil belajar siswa, soal yang dikatakan valid sebanyak 11 soal dan yang dinyatakan tidak valid sebanyak 4 soal, hasil reliabilitas soal sebesar 0,620 (reliabel), berdasarkan tingkat kesukaran soal dapat diketahui bahwa 7 butir soal dikatakan mudah dan 8 butir soal dikatakan sedang, dan berdasarkan hasil uji daya beda soal dengan hasil perhitungan didapatkan 5 soal kategori jelek, 5 soal kategori cukup, dan 5 soal kategori baik.

Keywords


Pengembangan instrument; hasil belajar; siswa sekolah dasar

Full Text:

284-290

References


Amelia, D., & Maulidah, N. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Instrumen Rubrik Penskoran untuk Menilai Kemampuan Menyimak Siswa Sekolah Dasar. 4(5), 7005–7011.

Lisnasari, S. F., & Widiyarti, G. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 104192 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum). Vol 1, No 1.

Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Alfabeta, cv.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi, dan Implementasinya dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dea Susi Nuraini, Decenni Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â