Pengembangan Instrumen Assessment Psıkomotor Pada Keterampılan Berbahasa Indonesıa

Novi Triana Dewi, Endry Boeriswati, Fathiaty Murtadho

Abstract


Asesmen atau penilaian pembelajaran pada abad 21 yaitu penilaian autentik. Kurikulum 2013 diharapkan mampu meningkatkan dan menyeimbangkan penilaian autentik termasuk psikomotor. Penilaian masih fokus pada ranah kognitif peserta didik dan belum mengikutkan ranah afektif dan psikomotor secara bersamaan. Hal ini disebabkan ketersediaan instrumen penilaian/ penilaian psikomotor di sekolah masih terbatas. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan karakteristik pengembangan instrumen penilaian psikomotor pada keterampilan berbahasa Indonesia; 2) Untuk menganalisis hasil validasi instrumen penilaian psikomotor pada keterampilan berbahasa Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D). Sampel penelitian ini yaitu empat guru bahasa Indonesia SD. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi produk dan lembar wawancara terstrutur. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan lembar validasi produk melakukan dan wawancara tertruktur ke validator. Penelitian menghasilkan penilaian produk psikomotor pada keterampilan berbahasa Indonesia melalui 5 tes pragmatif yang dinilai. Produk pengembangan tersebut secara umum termasuk dalam kriteria sangat valid dengan proporsi 98,16%. Artinya, penilaian instrumen produk psikomotor tersebut layak digunakan untuk menilai hasil belajar psikomotor pada keterampilan berbahasa Indonesia di jenjang sekolah SD.


Keywords


Instrumen, Assessment Psikomotor, Keterampilan Berbahasa Indonseia

Full Text:

242-251

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkatproses pembelajaran Pembelajaran. Yogyakarta : Remaja Rosdakarya.

Andiyani, L., Mahpudin, & Cahyaningsih, U. (2019). Penggunaan Media Dakota Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0,†218–223.

Aprilia, N., Saifuddin, M. F., Wijayanto, N. A., & Supriyati, J. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Siswa Sma Pada Proses pembelajaran . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 46–53.

Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.32585/.v1i1.251

Hamzah, Amir. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Malang: Literasi Nusantara.

Maharani, A. D., & Aima, Z. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA. Jurnal Pelangi, 6(2), 132–141. https://doi.org/10.22202/jp.v6i2.298

Mangngi, R. K., Manu, T. S. ., & Tnunay, P. (2019). Pengembangan perangkat instrumen penilaian psikomotor pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi sel kelas XI SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Indigenous Bahasa Indonesia : Jurnal Pendidikan Dan Sains

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Sudrajat, D. (2019). Asesmen Pembelajaran Bahasa Inggris: Model Dan Pengukurannnya. 4, 1–20.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novi Triana Dewi, Endry Boeriswati, Fathiaty Murtadho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â