Implementasi Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa

Agus Rofi'i, Dudu Suhandi Saputra, Devi Afriyuni Yonanda, Budi Febriyanto

Abstract


Pembelajaran literasi merupakan hal yang penting dalam sistem pendidikan saat ini. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan literasi mereka. Untuk mengatasi tantangan ini, pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif diperlukan. Pemanfaatan teknologi augmented reality (AR) dalam konteks pendidikan literasi sastra di sekolah dasar merupakan sebuah inovasi yang menarik. Dalam konteks pembelajaran literasi sastra, AR dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang imersif, di mana siswa dapat langsung terlibat dalam cerita, mengeksplorasi karakter, dan memahami konteks naratif dengan cara yang lebih visual dan menarik. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang memperkaya pengalaman pengguna dengan menambahkan elemen digital ke dalam dunia nyata. Dalam konteks pendidikan, penggunaan AR dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa serta membantu mereka mengembangkan berbagai keterampilan literasi. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi media pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka untuk menyelidiki konsep AR dan literasi, serta peninjauan berbagai studi kasus dan penelitian terdahulu yang telah menggunakan AR dalam konteks pembelajaran literasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan AR dalam pembelajaran dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, memikat, dan berkesan bagi siswa. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu mereka mengembangkan berbagai keterampilan literasi, seperti kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Kesimpulannya, implementasi media pembelajaran Augmented Reality (AR) memiliki potensi besar dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Namun, untuk mencapai potensi penuhnya, perlu dilakukan upaya yang matang dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi penggunaan AR dalam konteks pembelajaran literasi.

Keywords


Augmented Reality (AR); Media Pembelajaran Interaktif; Literasi; Siswa

Full Text:

344-350

References


A. Lu, C. S. K. Wong, R. Y. H. Cheung, and T. S. W. Im, “Supporting Flipped and Gamified Learning With Augmented Reality in Higher Education,†Front. Educ., vol. 6, no. April, pp. 1–11, 2021, doi: 10.3389/feduc.2021.623745.

Y. Aprilinda, R. Y. Endra, F. N. Afandi, F. Ariani, A. Cucus, and D. S. Lusi, “Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama,†Explor. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 11, no. 2, p. 124, 2020, doi: 10.36448/jsit.v11i2.1591.

Istiarsono, Z. (2016). Tantangan Pendidikan dalam Era Globalisasi: Kajian Teoretik. Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 19-24.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Olii, Adam & Nurdin, & Sudewo, Kreshna & Alfitrah, Raudhafilhaq. (2023). Menjaga Kualıtas Pendıdıkan Dı Era Socıety 5.0: Tantangan Dan Peluang Dalam Menghadapı Revolusı Industrı 4.0.

Ainun Safira, Zara. (2021). Literature Review: Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Edukatif di Kehidupan Sehari-Hari. 10.13140/RG.2.2.10128.33288.

Apryanto, Frengkı. (2022). Peran Generası Muda Terhadap Perkembangan Teknologı Dıgıtal Dı Era Socıety 5.0. Media Husada Journal Of Community Service. 2. 130-134. 10.33475/Mhjcs.V2i2.35.

Azuma, R. (1997). A survey of augmented reality. Presence-teleoperators and Virtual Environments, 6(4), 355–385.

Azuma, R., Baillot, Y., Behringer, R., Feiner, S., Julier, S., & MacIntyre, B. (2001). Recent advances in augmented reality. IEEE Computer Graphics and Applications, 21(6), 34–47.

Mahartika, Ira & Iwan, & Suttrisno, Suttrisno & Dwinanto, Arif & Yulia, Nurul & A, Andryanto & Mustika, Nur & Mas'ud, Huzaima & Sudirman, & Hamidah, Dina & Simarmata, Janner & Afrianis, Neti. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality.

Ummah, I., & Ariwibowo, M. R. (2021). Augmented Reality Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 7(1), 15. https://doi.org/10.30738/jst.v7i1.8901.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agus Rofi'i, Dudu Suhandi Saputra, Devi Afriyuni Yonanda, Budi Febriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â