Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi ASEAN untuk Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar

Aldha Chaerunnissa Azzahra, Ani Nur Aeni, Dadan Nugraha

Abstract


Tujuan pada penelitian ini yaitu melaksanakan pengembangan media pembelajaran guna mengatasi persoalan mengenai peningkatan pemahaman siswa sekolah dasar pada materi ASEAN dengan menggunakan media flipbook. Flipbook merupakan buku digital tiga dimensi yang dapat diakses dengan menggunakan link. Terdapat dua alasan mengapa pengembangan media pembelajaran perlu diadakan diantaranya yaitu mengatasi keterbatatasan media dan implementasi kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi. Metode yang digunakan yakni Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 rangkaian pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation serta Evaluation. Media flipbook ini dilakukan validasi oleh dosen yang memiliki kapabilitas dalam ranah desain dan materi terutama materi IPS, guru kelas vi untuk kepuasan penggunaan media, dan diujicobakan kepada siswa kelas vi. Instrumen yang dilibatkan pada riset ini yaitu wawancara, angket serta tes. Hasil penelitian memperoleh persentase 97,33% dari validator media, 70% dari validator materi dan 98% dari respon pengguna (guru). Untuk hasil tes diperoleh nilai rerata pretest 44,44 dan rerata postest 72,92 yang maknanya terjadi peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan media flipbook.


Keywords


Media flipbook; pemahaman siswa; ASEAN

Full Text:

204-214

References


Aeni, A. N., Handari, M. D., Wijayanti, S., & Sutiana, W. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 721. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1077

Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Aeni, A. N., Nur Nofriani, A., Ayuni Fauziah, I., & Ahmad Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 279–287. https://doi.org/10.52436/1.jpti.183

Anggraini, L. N., Fitriyani, F., Alqirany, F. H., Yumerda, D., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Edukasi Adab Bersosial Media pada kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1266. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1102

Baharuddin, & Hardianto. (2019). Efektifitas penerapan model pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, 2, 22–33.

Ciptaningtyas, W., Mukmin, B. A., & ... (2022). E-Book Interaktif Berbasis Canva Sebagai Inovasi Sumber Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Pemikiran Dan …, 10(2), 160–174. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.21788

Eka Rahayu. (2020). p-ISSN :2657-1269 e-ISSN : 2656-9523. Jurnal Auladuna, c, 37–49.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Fitri, F. dan A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139

Francisca, F., Zahra, J. O. V., Anggraeni, S. H., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan E-book BUDIMAS “Buku Digital Agama Islam†untuk Pembelajaran PAI pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5268–5277. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3043

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmara, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Khairi, A., Kohar, H. ., Widodo, H. K., Ghufron, A., Kamalludin, I., Prasetya, D., Prabowo, D. S., Setiawan, S., Syukron, A. A., & Anggraeni, D. (2022). Teknologi Pembelajaran: Konsep dan Pengembangannya di Era Society 5.0. PT Nasya Expanding Management.

Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2019). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, 1–8.

Kurino, yeni dwi. (2015). Pengaruh Contextual Teachıng & Learnıng Dan Dırect Intructıon Terhadap Penıngkatan Kemampuan Pemahaman Matematıs Sıswa Sd. Cakrawala Pendas, 6(1).

Lubis, M., & Chaeruman, U. A. (2016). Isu Kritis dalam Pendidikan.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622

Mulyadi, D., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296–301.

Mursidi, P., Prananto, I. W., Arifani, F., & Setyawati, R. (2022). Pengembangan Flipbook Interaktif untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar pada Materi Siklus Air. IX(2), 128–141. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.128-141

Nurhidin, E. (2017). 23-42-1-Sm. 1, 1–14.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 24–36. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139

Saputra, D. S., Yonanda, D. A., & Yuliati, Y. (2020). The Development of Android-Based Mobile Learning in Learning Sundanese Script for Elementary School Students. 397(Icliqe 2019), 688–692.

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2819–2826. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.

Yonanda, D. A., Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Development of Problem-Based Comic Book as Learning Media for Improving Primary School Students ’ Critical Thinking Ability. 6(3), 341–348. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22892

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RND) dalam Bimbingan dan Konseling. QUANTA, 5 (3), 111–118. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/q.v5i3p111-118.3051




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aldha Chaerunnissa Azzahra, Ani Nur Aeni, Dadan Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â