Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi PANILA Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Nilai Pancasila Siswa Kelas V
Abstract
Rendahnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi pada bidang pendidikan di jenjang sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran PKN mengakibatan proses pembelajaran yang dilakukan kurang relevan dengan perkembangan zaman, mengingat siswa saat ini merupakan generasi alpha. Perlunya inovasi dalam pengembangan media pembelajaran PKN untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian untuk menganalisis media pembelajaran aplikasi PANILA serta menguji efektivitas penggunaan aplikasi PANILA dalam meningkatkan pemahaman nilai Pancasila siswa kelas V SD. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan R&D dengan model yang dipergunakan berupa ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validator ahli materi, media dan siswa kelas V SD yang berjumlah 39 sebagai subjek. Kuesioner dan tes digunakan sebagai teknik mengumpulkan data, kuesioner diperuntukan untuk validator ahli materi dan media, sedangkan tes diperuntukan untuk siswa melalui desain one group pre-test post-test. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data validasi ahli materi 83,92% dan media 92,85% serta efektivitas penggunaan aplikasi PANILA berdasarkan hasil tes yang telah diujikan mendapat signifikansi 0,000 ≤ 0,05 yang menunjukan ada perbedaan hasil pre-test dan post-test. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil analisis data bahwa media aplikasi PANILA layak digunakan sebagai media pembelajaran di SD dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi nilai Pancasila.
Keywords
Full Text:
150-163References
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (n.d.). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall sebagai Media Pembelajaran untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835–1852. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Aeni, A. N., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2022). Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 101–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49203
Aeni, A. N., Nofriani, A. N., Fauziah, I. A., & Fauzi, I. A. (2022). Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 279–287. https://doi.org/https://doi.org/10.52436/1.jpti.183
Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538
Ardiani, R. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Pengembangan Media Flashcard Digital Materi Simbol-Simbol Pancasila Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(10), 2125–2130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v11i10.58824
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (2nd ed.). PT Bumi Aksara.
Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pembelajaran PPKn dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199–210. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300–309. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Carvalho, R. N., Monteiro, C. E. F., & Martins, M. N. P. (2022). Challenges for university teacher education in Brazil posed by the Alpha Generation. Research in Education and Learning Innovation Archives, 28, 61–76. https://doi.org/https://doi.org/10.7203/realia.28.21408
Daulae, T. H. (2019). Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Forum Paedagogik, 10(1), 52–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1778
dos Reis, T. A. (2018). Study on the alpha generation and the reflections of its behavior in the organizational environment. Quest Journals J Res Humanit Soc Sci, 6, 9–19.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33–48. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134–143. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862
Firdaus, F., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dalam Pembelajaran Kontekstual Materi Kegiatan Ekonomi di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5176–5186. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3160
Francisca, F., Zahra, J. O. V., Anggraeni, S. H., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan E-book BUDIMAS “Buku Digital Agama Islam†untuk Pembelajaran PAI pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5268–5277. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3043
Habib, M. N., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Media Game Smart Run Berbasis Android Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas II. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 941–946. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1288
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622
Kom, S. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan pendidik dalam menggunakan media pembelajaran. Penerbit Lakeisha.
Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Educationist, 2(2), 134–144.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Bintang, 2(3), 418–430. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v2i3.995
Muttaqin, H. P. S., & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.613
Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2018). Pengembangan desain media pembelajaran fisika SMA berbasis video pada materi gelombang bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1 April), 48–55. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55
Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054.
Poláková, P. (2022). Use of a mobile learning application in the process of foreign vocabulary learning. Procedia Computer Science, 207, 64–70. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.09.038
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 479–491. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Widiyaningsih, N. N. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.28536
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409
Rahayuningtiyas, W., Imron, I. F., & Mujiwati, E. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nisila Nilai Pancasila untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 108–121. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.2018
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Rohimin, R. (2019). Reposisi Pendidikan Keluarga Bagi Anak Generasi Alfa. Nuansa: Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 12(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v12i2.2765
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2500
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Alfabeta.
Sunaryati, T., Nadiroh, N., & Sumantri, M. S. (2022). Android-Based E-Module Development to Improve Ecological Literature in Pancasila Education and Citizenship Elementary School Subjects in Bekasi District. International Journal of Social Science Research and Review, 5(9), 223–238. https://doi.org/https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i9.490
Suradji, M. (2018). Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Bidang Kesiswaan, Kepegawaian Dan Keuangan Di Sma Muhammadiyah 1 Gresik. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 347–371. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.957
Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909
Utami, R., Sofyan, A., & Mastur, M. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Instructional Technology, 1(2), 81–86. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.3654
Wandini, R. R., Sipahutar, D. A., Rahmawati, I., Diah, R., & Harpani, S. (2022). Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1489–1496. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5557
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Winandar, M. L., & Dewi, D. A. (2021). Peran Mata Pelajaran PKN dalam Membangun Karakter Anak Sekolah Dasar Pada Kehidupan Sosial. Journal on Education, 3(3), 263–269. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.367
Zaim, M. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Di Era Milenial 4.0. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v6i1.9200
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fitriyani Fitriyani, Ani Nur Aeni, Aah Ahmad Syahid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.