Validitas Media Interaktif Mind mapping Menggunakan Powerpoint Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar

Mutiara Zenitha Asra, Reinita Reinita

Abstract


Adanya penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media interaktif Mind mapping menggunakan Powerpoint pada kurikulum merdeka di kelas IV yang valid. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki tahapan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan dan tahap implementasi. Untuk mengetahui validitas dari media yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan lembar angket validasi sebagai pengumpulan data. Validasi dilakukan pada tiga orang ahli dibidangnya yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Dengan hasil validasi pengembangan media Mind mapping menggunakan Powerpoint melalui lembar validasi memperoleh 91,96% secara keseluruhan dengan kategori “Validâ€. Dimana pada validasi ahli materi memperoleh 93,75%, validasi bahasa memperoleh 87,5% dan validasi ahli media memperoleh 94,64%. Maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sudah valid untuk dapat digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Mind mapping; Powerpoint; ADDIE

Full Text:

319-325

References


Agustina, R., Sudrajat, A., Setiawan, J., & Sudarwati, N. (2022). Development of Mind mapping Based Prezi Multimedia to Improve History Learning Outcomes. Ta’dib, 25(2), 129. https://doi.org/10.31958/jt.v25i2.6852

Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Andini, S. R., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Analisis Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) sebagai Model Inovatif yang Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10078–10084.

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Firdawela, I., & Reinita, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Menggunakan Model Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 99–112. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.99-112

Fisher, D. (2021). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 11(1), 69–81.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/924

Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & ... (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar. Jurnal …, 5, 2936–2941. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11446

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Mandalika, & Syahril. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20.

Mutiah, A., & Desyandri. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoitn Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan T, 6(2).

Oktarila, L., Wardarita, R., & Wardiah, D. (2023). JOTE Volume 4 Nomor 4 Tahun 2023 Halaman 139-145 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Nilai-nilai Moral dan Nilai-nilai Sosial dalam Novel Guru Aini Karya Anadrea Hirata. 4(1), 139–145.

Oktaviani, C., & Amini, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Model ARIAS di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Elementari Edukasia, 6.

Pinta, P., Bate, P., Citra, U., Zebua, K., Nazara, E., & Bawamemewi, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Higher Order Thinking Skill ( HOTS ). 06(01), 3033–3039.

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Setiawan, D., Selvyana, K., Hidayat, A., & Rahmadani, N. K. A. (2022). Powerpoint Interaktif Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1201–1209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2183

Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44

Tenriawaru, E. P. (2014). Implementasi Mind mapping Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional, 01(1), 85–91.

Yonanda, Supriatna, Hakam, S. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas KEBUTUHAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEKOLAH DASAR Abstrak Pendahuluan Kualitas sumber daya manusia pada masa yang akan datang ditentukan oleh pengembangan sumber daya manusia saat ini , termasuk pada usia sekolah . Kualita. Cakrawala Pendas, 8(1), 173–185.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mutiara Zenitha Asra, Reinita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â