Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kisah Nabi Di Sekolah Dasar
Abstract
Artikel ini mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan karakter di SD N 39 Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat. Masalah utama dari penelitian ini adalah kurang tertanamnya nilai-nilai karakter di dalam diri siswa. Siswa diajarkan dengan menayangkan video-video berupa kisah Nabi Muhammad SAW. Penayangan video kisah Nabi Muhammad SAW ini ditayangkan menggunakan proyektor baik di dalam ruang kelas ataupun di halaman sekolah. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD N 39 Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat. Hasil yang didapatkan dari penelitian adalah implementasi pendidikan karakter siswa di SD N 39 Gunung Talang terlihat bahwa adanya pelaksanaan shalat berjama’ah. Baik shalat sunnah ataupun shalat wajib.
Â
Kata Kunci: Pendidikan Karakter; Kisah Nabi; Sekolah Dasar.
Full Text:
12-16References
Esmael, A., & Nafiah. (2018). Implemetasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16.
Fauziah, R. S. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2019). Pelaksanaan Model Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 139. https://doi.org/10.30997/dt.v6i2.2133
Nana Sutarna. (2011). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 1–4. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/download/8948/6509
Ngatiman, N., & Ibrahim, R. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 213–228. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.949
Noviyanto, R., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., & Lampung, R. I. (2017). Kegiatan Keagamaan Di Mi Mathla ’ Ul Anwar Kegiatan Keagamaan di MI Mathla ’ Ul Anwar.
Nurjannah, and N. O. A. (2019). Nurjannah & Nurhayati Ode. Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman, 11(1), 1–20.
Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Jurnal cakrawala pendas. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
Rahmawati, S., & Dewi, N. K. (2020). Dampak media pembelajaran kisah keteladanan terhadap karakter peduli sosial dan prestasi belajar anak sekolah dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 153–163. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.30574
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dina Dahliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.