Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di MI Nurul Huda Sidoarjo

Muhammad Rifqi Zamzami, Subaidah Subaidah, siti lailiyah

Abstract


Implementasi kurikulum merdeka dalam pelaksanaannya menemui kendala dalam tahap persiapan dan pelaksanaan, oleh karena itu perlu dilakukan adanya tindakan berupa evaluasi kurikulum. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tahap pendahuluan (antecedent), tahap proses (transaction) tahap hasil penilaian (outcomes) pada MI Nurul Huda Ngampelsari Sidoarjo kemudian memberikan rekomendasi perbakan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi Stake Countenance Models. Informasi yang didapatkan dari penelitian disesuaikan dengan standar Pendidikan nasional. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru kelas, peserta didik. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Isntrumen penelitian sesuai dengan pedoman penelitian. Triangulasi data dengan membandingkan hasil pengamatan. Uji coba instrumen dilaksanakan di MI Nurul Huda Ngampelsari Sidoarjo yang telah memiliki kurikulum merdeka dan telah melaksanakan kurikulum merdeka. Analisis yang digunakan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian dari keseluruhan evaluasi kurikulum merdeka pada MI Nurul Huda Ngampelsari Sidoarjo (1) pada tahap pendahuluan (antecedent) dilihat dari aspek kondisi guru, kondisi buku, kondisi sarana prasarana dan kondisi modul ajar sudah baik (2) tahap proses (transaction) dilihat dari aspek pelaksanaan pembelajaran sudah baik namun perlu ditingkatkan (3) tahap hasil penilaian (outcomes) penilaian hasil belajar sudah baik.


Keywords


Evaluasi Stake Countenance Model;, Implementasi Kurikulum;

Full Text:

103-116

References


Abdurahman, A., Sri Afira Ruhyadi, S. G., & Binasdevi, M. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD. AL-IBANAH, 7(2). https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.107

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Amir, A., Satyahadewi, N., Tavita, G. E., & Ashari, A. M. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Program Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 157–167. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.4098

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Barlian, & Solekah. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKADALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Damayanti, G. A., & Muhroji, M. (2022). The Difficulties of Elementary School Teacher in Developing Thematic Learning Tools for the Merdeka Curriculum. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 703. https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5770

darodjat. (2015). MODEL EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN. ISLAMADINA, 14(1), 1–28.

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.4230

Gandasari, A., & Sopia, N. (2022). PENYULUHAN PENDIDIKAN TENTANG KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SEKOLAH DASAR. JPPM : Jurnal Pelayanan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2).

Hamdi, S., & Triatna, C. (2022). KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF PEDAGOGIK. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 7(1).

Haryati, & Anar. (2022). Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Melalui Inovasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar (Vol. 4).

Isa, Asrori, M., Muharini, R., Dasar, S., & Tanjungpura, U. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 6(6), 9948–9957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Mariati, & mustofa. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar dari Teori ke Praktis.

Mendikbudristek. (2022). Kepmen Perubahan 56 Pemulihan Pembelajaran.

Nurwiatin. (2022). PENGARUH PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KESIAPAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Santoso, M. (2022). Penguatan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di UPT SDN 07 Ngeni. DST, 2(1), 99–105. https://doi.org/10.47709/dst.v2i1.1661

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Suryadien, D., Rusmiati, D., & Dewi, A. A. (2022). Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. www.journal.uniga.ac.id

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Rifqi Zamzami, subaidah, siti lailiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â