Menanamkan Nilai-Nilai Sejarah Purbakala Di Situs Goa Pawon Dan Upaya Pelestariannya Bagi Siswa Sekolah Dasar

Sri Rohartati, Bunyamin Maftuh, Sapriya Sapriya

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai sejarah yang terkandung didalam situs Gua Pawon bagi siswa-siswa Sekolah Dasar dan Upaya Pelestariannya bagi siswa di Sekolah Dasar. Gua Pawon yang terletak di Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Gua Pawon merupakan sebuah situs purbakala yang di dalamnya ditemukan kerangka manusia purbakala yang berasal dari zaman prasejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. Penelitian sejarah merupakan penelitian tentang suatu peristiwa di masa lampau. Penelitian ini menggunakan prosedur kerja yaitu heuristik, interprestasi.dan historiografi. Dari berbagai benda peninggalan pubakala yang ada di situs Gua Pawon dapat diketahui bahwa kebudayaan pada masa dahulu kala dapat dikatakan sebagai dasar kebudayaan bangsa Indonesia. Nilai-nilai sejarah pada masa purbakala di Indonesia bagi siswa-siswa Sekolah Dasar diantaranya Nilai Gotong Royong, Nilai Kreatif dan Inovatif, Nilai Musyawarah, Nilai Religius, dan Nilai Agraris dan Maritim. Dalam Upaya Pelestarian Nilai-Nilai Sejarah di Situs Gua Pawon Bagi Sekolah Dasar terdiri dari 2 cara yaitu jalur Pendidikan dan jalur Media Massa. Melalui Jalur Pendidikan bisa diajarkan nilai-nilai sejarah Gua Pawon dengan Literasi Wisata dan Melalui Pembelajaran Dongeng Sangkuriang. Selanjutnya dengan Jalur media massa seperti surat kabar, radio, ataupun televisi dapat disajikan atau ditayangkan hal-hal yang berhubungan dengan purbakala Gua Pawon serta arti pentingnya nilai-nilai sejarah dari warisan nenek moyang mereka yang ada disekitar Situs Gua Pawon.

Keywords


Nilai-Nilai Sejarah; Gua Pawon; Pelestarian

Full Text:

62-71

References


Al Afryand, S Sapriya. 2018. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pusat Pancasila Sebagai Upaya Penguatan Ideologi Bangsa Bagi Generasi Muda. Untirta Civic Education Journal. Volume 3. Nomor 2. Hal 158-167. File : https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/viewFile/4523/3246

Aminuddin Kasdi. 1993. Pengantar Ilmu Sejarah. Surabaya: Universitas Press IKIP.

B Maftuh. 2008. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educationist, Volume 2, Nomor 2, hal 134-144. File : http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._II_No._2-Juli_2008/7_Bunyamin_Maftuh_rev.pdf

Billawal Agung Muhamad. (2017). Potensi Pemanfaatan Kawasan Kars Citatah Sebagai Sumber Belajar Geografi Di Kabupaten Bandung Barat. repository.upi.edu. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/32272/4/S_GEO _1307168_Chapter1.pdf.

Brahmantyo B. 2008. Menyelamatkan Gua Pawon dan Perbukitan Karst Citatah Rajamandala, Bahan Audensi di Kabupaten Bandung Barat 7 Agustus 2022, Bandung

Dudung Abdurrahman. 2007. Metodologi Penelitian Sejarah. Jakarta: Ar-Ruzzmedia.

Hendriawan, Erry., & Ernandia Pandikar. (2021). Optimalisasi Peran Pemerintah Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Terhadap Masyarakat (Studi Deskriptif Tentang Gua Pawon). Jurnal Sandhyakala, Volume 2, Nomor 1, 104-123. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/414-Article%20Text-1135-1-10-2021020. Diunggah 04 Oktober 2022.

Herimanto. 2017.Sejarah Indonesia Masa Praaksara. Yogyakarta : Penerbit Ombak

Kabupaten Bandung Barat. Peraturan Bupati Bandung Barat No: 7 Tahun 2010 tentang Perlindungan Kawasan Situs Goa Pawon dan Lingkungannya.

Keputusan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Nomor 1456 K/20/MEM/2000 tentang Pengelolaan Karst di Indonesia.

Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. http://downloads.ziddu.com/downloadfile /6011141/karstcitatah.pdf.html

Kurino, Y. D., & Akbar, A. (2021). Ethnomathematical Exploration at Home Panjalin Custom in Majalengka. 913–919.

Lutfi Yondri. 2021. Situs Gua Pawon: Kontribusinya Untuk Pengetahuan dan Penelitian. Borobudurwrites.id. Online ( https://borobudurwriters.id/situs/situs-gua-pawon-kontribusinya-untuk-pengetahuan-dan-penelitian/) Diunggah 31 Oktober 2022.

Prabowo,Gama. 2020. Nilai Budaya Pada Masa Prasksara di Indonesia. Kompas.com. Online. ( diakses pada : https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/25/182701269/nilai-budaya-pada-masa-praaksara-di-indonesia?page=all )

Rahman. 2016. Model Mengajar dan Bahan Pembelajaran. Sumedang : Alqaprint Jatinnagor.

R Ramadhan, B Maftuh. 2016. Nilai-Nilai Sosial Budaya Masyarakat Rantau Etnis Minangkabau Sebagai Pedagang di Pasar Al-Wathoniyah Cakung Jakarta Timur. Jurnal Sosietas, Volume 6, Nomor 1. File : https://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/article/view/2873/1906

Saputra, D. S., Yonanda, D. A., & Yuliati, Y. (2020). The Development of Android-Based Mobile Learning in Learning Sundanese Script for Elementary School Students. 397(Icliqe 2019), 688–692.

Samodra H. 2001. Nilai Strategis Kawasan Karst di Indonesia. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Soekmono, 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia I. Yogyakarta: Kanisius.

Surahman, A.F. 2011. Identifikasi Masalah dan Strategi Konservasi Kawasan Gua Pawon. Kawasan Kart Citatah, Kabupaten Bandung Barat : Bogor

Susanti, LR Retno. 2017. Nilai-Nilai Budaya Yang Terdapat Pada Benda-Benda Peninggalan Purbakala Dan Upaya Pelestariannya. Fajar Historia Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan. Vol 1, No 2 (2017). Hal 85-92. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs/article/view/585

Wibowo, A. D. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widja, I.G. 1989. Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wisnumurti. 2010. Satu Tinjuan Empiris Sosiologis dikases. Mengelola Nilai Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Rohartati, Bunyamin Maftuh, Sapriya Sapriya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â