Evaluasi Kemampuan Sosial dan Kepribadian Kepala Sekolah melalui Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS): Studi Kasus di Kecamatan Lengkong

Indra Suhendra, Johar Permana, Lina Marlina Nur Rizkiya

Abstract


Kepala sekolah memegang peran penting dalam sebuah organisasi sekolah. Keberhasilan program yang disusun oleh sekolah sangat tergantung pada kemampuan kepala sekolah dalam mengelola seluruh bawahannya. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki keterampilan sosial dan kepribadian yang baik agar dapat menjalankan tugasnya sebagai pemimpin yang efektif. Penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) memberikan kesempatan bagi kepala sekolah untuk membagikan praktik terbaiknya dalam menjalankan tugas selama satu tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian teman sejawat, orang tua, dan siswa terhadap kemampuan sosial dan kepribadian kepala sekolah di SDN 202 Suryalaya, Kota Bandung. Metodologi yang digunakan adalah one-shot case study dengan tujuan menganalisis hasil penilaian teman sejawat, orang tua, dan siswa terhadap kemampuan sosial dan kepribadian kepala sekolah. Sumber data yang digunakan adalah instrumen penilaian yang dibuat melalui google form dan disebarkan kepada teman sejawat, orang tua, dan siswa. Validitas data diperiksa dengan menggunakan analisis kuantitatif dan teknik reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% responden merasa puas dengan keterampilan sosial dan kepribadian kepala sekolah di SDN 202 Suryalaya. Analisis data menunjukkan bahwa penilaian teman sejawat, orang tua, dan siswa menunjukkan nilai rata-rata yang positif pada kemampuan sosial dan kepribadian kepala sekolah. Penilaian tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan program pengembangan kepemimpinan bagi kepala sekolah di SDN 202 Suryalaya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kepala sekolah SDN 202 Suryalaya memiliki kemampuan sosial dan kepribadian yang baik, yang mendukung kinerja dan efektivitas organisasi sekolah.

Kata Kunci: Sosial Kepribadian ; PKKS ; Kepala Sekolah, ;Sekolah Dasar


Keywords


Sosial Kepribadian, PKKS, Kepala Sekolah, Sekolah Dasar

Full Text:

1-11

References


Astutik, T. S. (2015). Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Masa Tugas Kepala Sekolah Setelah Ditetapkan di Kabupaten Lumajang. Volume 12, Nomor 2, Desember 2015, 12(2), 159–165.

Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative (Vol. 7). Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.

Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative research designs: Selection and implementation. The Counseling Psychologist, 35(2), 236–264.

Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240.

Fauziah, F., Copriady, J., & Sudirman, S. (n.d.). Implementasi Permendiknas nomor 28 tahun 2010 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah di Kabupaten Siak. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 5(1), 30–37.

Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. K. (2015). Likert scale: Explored and explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4), 396.

Julianto, B., & Carnarez, T. Y. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Organisasi Professional: Kepemimpinan, Komunikasi Efektif, Kinerja, Dan Efektivitas Organisasi (Suatu Kajian Studi Literature Review Ilmu Manajemen Terapan). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 676–691.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Munirah, M. (2021). KEEFEKTIFAN KEFEMIMPINAN PEREMPUAN SEBAGAI KEPALA SEKOLAH. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.

Oedjoe, M. R. (2016). Keefektifan kepemimpinan perempuan sebagai kepala sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2).

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: Kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Rahayu, M. M., Rahman, R., Sopandi, W., & ... (2020). A Multiliteration-Based Scaffolded Writing Model on Learning to Write a Personal Letter at Kanggraksan Elementary School in The City of Cirebon. International …. http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/view/807

Rusmawati, V. (2013). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru pada SDN 018 Balikpapan. Jurnal Administrasi Negara, 1(2), 1–19.

Sari, D. R., & Somantri, M. (2019). Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah. MANAJER PENDIDIKAN, 13(2), 158–167.

Supriyanto, T. (2021). Best Practice: Pendekatan “Colla-coop†Untuk Meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Melalui Instrumen Pkks Di Sdn 005 Cinta Damai Tahun 2020. Berajah Journal, 1(3), 173–179.

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan konsep merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7317–7326.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indra Suhendra, johar permana, Lina Marlina Nur Rizkiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â