Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Dalam Ngubek Beber Di Masyarakat Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut

Nurul Fatonah, Mamat Supriatna, Hilda Ainissyifa, Iip Sarip Hidayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara analitis tentang latar belakang, pengertian, bentuk, proses kegiatan, dan mengungkap karakter peduli lingkungan yang terkandung dalam ngubek beber yang ada di Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Ngubek beber merupakan salah satu aktivitas yang ada di masyarakat kecamatan Cikelet Kabupaten Garut, berupa aktivitas menangkap ikan bersama-sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui studi pustaka, studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Penelitian ini menunjukan bahwa dalam aktivitas ngubek beber terdapat nilai yang terkandung diantaranya karakter peduli lingkungan, cinta tanah air dan peduli sosial. Nilai tersebut menjadi bagian dari nilai yang harus ditanamkan dalam proses pendidikan di sekolah dasar. Nilai peduli lingkungan menjadi nilai utama dalam aktivitas ngubek beber. Nilai ini tercermin dari aktivitas warga yang berusaha untuk membuat kondisi sungai bersih dan tidak kotor. Nilai ini dapat ditranspormasikan ke dalam lingkungan sekolah, agar siswa bersama-sama guru menjaga lingkungan sekitar agar tetap lestari dan tidak tercemar atau kotor. Nilai ini dapat ditanamkan baik dalam proses pembelajaran ataupun pembiasaan. Nilai cinta tanah air tercermin dari pelestarian budaya lokal oleh warga masyarakatnya. Nilai ini penting ditanamkan untuk memunculkan bangga terhadap budayanya sendiri. Nilai peduli sosial tercermin dari saling berbagi antar warga masyarakat. Nilai ini dapat ditranspormasikan pada siswa untuk menanamkan saling berbagi antar sesama. Ngubek beber memiliki implikasi bahwa penanaman nilai-nilai yang diwariskan oleh pendahulu dapat ditranspormasikan ke dalam lingkungan sekolah. Agar nilai ini berjalan optimal maka perlu model pembelajaran yang dapat menanamkan nilai karakter peduli lingkungan. 

Kata Kunci: peduli lingkungan; ngubek beber


Keywords


peduli lingkungan; ngubek beber

Full Text:

29-40

References


Alwasilah. (2022). Etnopedagogi: Landasan Praktik Pendidikan Dan Pendidikan Guru. Kiblat Utama.

Fuadi, A. (2020). Keragaman Dalam Dinamika Sosial Budaya Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa. Yogyakarta: Deepublish.

Haryawati, Y., Noviarti, R., Rakhmat, C., & Supriatna, M. (2022). Pengaruh Penerapan Bimbingan Berbasis Kearifan Etnik Untuk Pengembangan Regulasi Diri Anak Usia Dini Di Ra Ar-Rifakecamatan Samarang. Anaking, 1-9.

Ismira, Ahman, & Supriatna, M. (2018). Educational Value In “Merantau†Culture Of Minangkabau Ethnic, Indonesia. Psikopedagogia, 78-84.

Lamadang, K. P., & Supriatna, M. (2022). Value Of Education In Malabot Tumpe In Batui Indigenous People Of Banggai Regency. Proceedings Of The 1st World Conference On Social And Humanities Research (W-Share 2021) (Pp. 10-13). Atlantis Press.

Nahak, H. M. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 65-76.

Nugroho, R. H. (2018). Peranan Pancasila Dan Bhineka Tunggal Ika Dalam Menanggulangi Politik Identitas. Prosiding Senaspolhi.

Putra, & Nurfauziah. (2018). Etnopedagogi: Persepsi Dan Implementasinya Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah P2m Stkip Siliwangi, 1-6.

Sulastri, Y. (2004). Arahan Pengembangan Fasilitas Wisata Di Kawasan Pantai Cilauteureun Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Universitas Komputer Indonesia.

Suratno, T. (2010). Memaknai Etnopedagogi Sebagai Landasan Pendidikan Guru Di Universitas Pendidikan Indonesia. . In Proceedings Of The 4th International Conference On Teacher Education, 515-530.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Fatonah, Mamat Supriatna, Hilda Ainisyifa, Iip Sarip Hidayana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â