Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD
Abstract
Kata Kunci: Perangkat pembelajaran; Tipe shared; Saintifik; Hasil belajar.
Keywords
Full Text:
14-24References
Anitah, Sri. (2003). Pembelajaran Terpadu Implementasi, Implementasi Paradigma Konstruktivistik dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Ganda. Surakarta : Sebelas Maret University Press.
Atsnan, M. F., (2013), Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan), Jurnal Nuansa Kependidikan, 4 (1) : 1 - 8.
Daryanto, (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintergrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta: Gava Media.
Dewi dkk. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol. 3.
Dewi, Ike. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Tıpe Webbed Fokus IPA dengan Tema “Masyarakat Taneyan Lanjhang” Pada Sekolah Dasar dı Kabupaten Sumenep. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol 3, no 1.
Dick, W. and Carey, L. (1985). The Systematic Design of Instruction (2nd Ed). Glecview, Illionis: Scot, Foresman and Company.
Febriyanto, Budi dkk.(2020). Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Medıa Puzzle Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa. Jurnal Elementaria Edukasia. Vol 3, no 2.
Fogarty, Robin. (1991). The Mindfull Schools: How to Integrate The Curricula. Palatine Ilionis: IRI/Skylight Publishing.Inc.
Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Permendikbud. (2016) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prabowo, (2000). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Terpadu dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK Millenium III. Makalah disampaikan pada seminar lokakarya Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI).
Prasrihamni, Mega dkk. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dalam Pembelajaran Tematık Dengan Model Vark dı Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia. Vol 3, no 2.
Rosidi, Irsad. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated untuk Mengetahui Ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains Vol. 2, No. 1.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, Bekti. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Tıpe Shared Berbasıs Kegıatan Ekonomı Kreatıf untuk Sıswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol 3, no 7.
Trianto, (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Utami dkk. 2019. Pengembangan Pembelajaran IPBA dengan Pendekatan Saintifik. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika Sains dan Pembelajarannya. Vol 13, no 2.
Wiyono, Surahman Oki. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared Pada Materi Molekul dan Perubahan Energi dalam Metabolisme Tumbuhan Hijau Kelas VIII. Jurnal Sains E-Pensa. Vol 01, no 01.
Yunita, Herina dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3, Issue 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v4i1.3043
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 lina ria khasanah