Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Guna Mendisiplinkan Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Virtual
Abstract
Sikap disiplin merupakan hal yang penting sebagai salah satu pembentukan karakter bagi siswa. Perilaku disiplin siswa dapat terlihat dari siswa yang dapat menaati peraturan dan prosedur kelas. Siswa dalam proses pembelajaran diharapkan untuk dapat mengikuti setiap peraturan dan prosedur dalam kelas yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan selama di lapangan, terdapat siswa yang melanggar peraturan dan prosedur kelas dan perilaku siswa ini merupakan perilaku yang tidak disiplin. Penerapan peraturan dan prosedur merupakan upaya yang dapat dilakukan guru dalam mendisiplinkan siswa, namun dalam pembelajaran virtual membutuhkan penyesuaian dengan konteks pembelajaran virtual. Perananan guru sangat penting dalam pembentukan karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan upaya guru dalam menerapkan peraturan dan prosedur kelas guna menanamkan sikap disiplin pada siswa sekolah dasar. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peraturan dan prosedur kelas dapat menjadi cara guru dalam menanamkan sikap disiplin kepada siswa sekolah dasar dengan memodifikasi berbagai upaya dan menyesuaikan dengan pembelajaran virtual. Oleh karena itu, guru perlu dapat mengupayakan berbagi tindakan seperti penerapan peraturan dan prosedur kelas dalam menanamkan sikap disiplin kepada siswa.
Keywords
Full Text:
25-30References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Bafirman. (2016). Pembentukan Karakter Siswa. Jakarta: Prenada Media.
Burden, P. (2020). Classroom Management: Creating a Successful K-12 Learning Community. Hoboken: John Wiley & Sons.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.
Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya Peranan Guru Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 1-14.
Garrett, T. (2014). Effective Classroom Management—The Essentials. Columbia: Teachers College Press.
Hastha Sunardi, D. S. (2019). PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KOLABORASI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN PEMBELAJARAN VIRTUAL. JURNAL ABDIMAS MANDIRI, 94-97.
Johannes, N. (2018). PENINGKATAN SIKAP POSITIF DISIPLIN MELALUI PENGELOLAAN KELAS BAGI SISWA SD NEGERI 41 AMBON. Jurnal Pedagogika, 6(1), 45-57. Diambil kembali dari https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pedagogika/issue/view/237
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Mirdanda, A. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Pontianak: Yudha English Gallery.
Mitra, L. (2012). Discipline Your Child: A Guide to Raising Responsible and Independent Children. Bloomington: Xlibris Corporation.
Priyatna, N. (2017). Peran Guru Kristen sebagai Agen Restorasi dan Rekonsiliasi dalam Mengembangkan Karakter Kristus pada Diri Remaja sebagai Bagian dari Proses Pengudusan . Polyglot: Jurnal Ilmiah, 1-10.
Purwaningsih, E. (2012). Pentingnya Hidup Rukun. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero).
Saifuddin. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.
Shofiyati, S. (2012). Hidup Tertib. Jakarta: PT Balai Pustaka.
Sobri, M., Nursaptini, Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61-71. doi:https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Van Brummelen, H. (2009). Berjalan dengan Tuhan di dalam Kelas. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v4i1.3037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Wiputra Cendana