Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Bangun Datar Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih mengalami permasalahan. Sebagaimana permasalahan yang ditemukan adalah siswa belum memahami konsep materi matematika seperti bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran di sekolah dasar. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa bahan ajar di sekolah dasar. Pengembangan dilakukan berdasarkan model Plomp (Preliminary Research, Prototyping Phase and Asessment Stage) yang menekankan pada konteks kebutuhan (pendidik dan peserta didik) sehingga dihasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL. Berdasarkan hasil uji coba kevalidan dapat dilhat dari validasi isi, bahasa, penyajian, kegrafikaan dan RPP dengan kategori sangat valid.
Keywords
Full Text:
123-131References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.
Aqib, Z. (2014). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Invatif). Bandung: Yrama Widya
Depdiknas. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi SD dan MI. Jakarta: Depdiknas.
Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma.
Febriyanto, B, dkk. (2020). Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia. Vol 3 No.2. 278-286
Fitria, Y. (2019). Landasan Pembelajaran Sains Terintegrasi (Terpadu) untuk Level Dasar. Padang: Sukabina Press
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harningsih, S, dkk. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learningdalam Peningkatan Pembelajaran Perkalian Bilangan Cacah Kelas II SD. FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret
Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Jackson VA. Tambelk. (2013). Development of Mathematical Learning Based Contekstual Model In Southh Minahasa, Regency. Journal of Education and Practice : (online) Vol.4, No.15, 2013. Department of Mathematics Faculty of Mathematics and Natural Sciences Manado State University.http://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/viewFile/6816/6929, diakses 20 September 2017
Jamalia. (2018). Model Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 104/IX Kedemanga. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 9 Nomor 1 Desember 2018 ISSN: 2087-9385 (print) dan 2528-696X (online)
Joharn. (2018). The development of learning materials using contextual teaching learning (CTL) approach oriented on the character education. Banda Aceh. Syiah Kuala University.
Lidinillah, D A M. (2009). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Makalah, UPI Kampus Tasikmalaya.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nugroho dan Tofani. TT. Rumus-rumus Matematika Sekolah Dasar 3-4-5-6. Surabaya: Kartika
Nurdeni. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Perkalian Dan Pembagian Di Kelas II SD. Jurnal Formatif SSN: 2088-351X. Universitas Indraprasta PGRI
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains.
Plomp, T and Neiveen, N. (2013). An Introduction to education to educatinal design Research Procecings of the seminar conducted at the east China Normal University, Shanghai (PR China). November 23-27, 2007. 1-26.
Prasetyo, Z, dkk. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan onsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pasca Sarjana UNY
Prastowo, A. (2013). Panduan Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode pembelajaran Yang menarik dan menyenangkan. Jakarta: Dira Press.
Rahmania.TT.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN No 2 Ogoamas II Pada Sifat-sifat Balok dan Kubus Menggunakan Pendekatan Kontekstual.Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 5 ISSN 2354-614X
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Safrida, L. N., As’ari, A. R., & Sisworo, S. (2016). XI SMA. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i4.6201
Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171
Slameto. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kaulitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pend. Matematika FPMIPA IKIP PGRI Semarang.Vol. 4, No. 2
Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sutikno, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Tilaar, A. (2015). Effektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam Mengajarkan Matematika. Jurnal Formatif 1(3): 186-191 ISSN: 2088-351X
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Jakarta. Kencana
Zarkashi, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v4i1.3007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 eri zefni, Dina Dahliana