PROFESIONAL PEDAGOGY GURU TERHADAP PERUBAHAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL
Abstract
Rendahnya kualiti pendidikan di Indonesia dapat diketahui dari pengembangan sumber manusia. Guru memainkan peranan yang sangat penting dalam pembelajaran perubahan, terutama pada era digital. Guru profesional adalah guru yang dapat menguasai dan meneliti perubahan yang berlaku dalam teknologi. Guru profesional adalah guru yang boleh sesuai dengan kemampuan mereka. Profesional dalam pengajaran di era digital, yang tahapnya telah dimulai pada masa ini, sebenarnya mempunyai pengaruh besar terhadap dunia pendidikan. Dunia pendidikan hari ini benar-benar berhadapan dengan cabaran yang sukar, penanganannya memerlukan strategi yang melibatkan pelbagai pihak yang berkaitan.Kajian ini menerangkan persepsi guru cemerlang terhadap pedagogi profesional dalam pengajaran perubahan dalam era digital. Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang di lakukan dalam empat guru berprestasi di wilayah Jakarta.
Keywords
Full Text:
384-397References
Adibah. (2017). Hubungan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pucangsimo Bandarkedungmulyo Jombang. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya FAI Undar Jombang, 2(2), 670–691.
Astriani, L. W. (2017). Pentingnya Peningkatan Kualitas Guru Untuk Mewujudkan Pentingnya Peningkatan Kualitas Guru Untuk Mewujudkan Generasi Gemilang Yang Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila, (March). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/315107081_PENTINGNYA_PENINGKATAN_KUALITAS_GURU_UNTUK_MEWUJUDKAN_GENERASI_GEMILANG_YANG_BERLANDASKAN_NILAI-NILAI_PANCASILA
Derewianka, B. (2016). Trends and issues in genre-based approaches. RELC Journal, 34(2), 133–154. https://doi.org/10.1177/003368820303400202
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Esy. (2020). Belajar Daring, Mayoritas Guru Indonesia Masih Gagap Teknologi (Gaptek). Retrieved from http://www.merdekabelajar.my.id/2020/05/belajar-daring-mayoritas-guru-indonesia.html?fb_comment_id=2874739652595455_2877201082349312
Fauzie, Y. (2018). Kualitas Pendidikan Indonesia Masih Rendah. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180607113429-284-304214/bank-dunia-kualitas-pendidikan-indonesia-masih-rendah
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576
Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 10(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169
Iskandar. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Rosda Cipta.
Khodijah, S. (2018). Telaah Kompetensi Guru di Era Digital dalam Memenuhi Tuntutan Pendidikan Abad Ke-21. Journal of Islamic Education Policy. https://doi.org/10.30984/j.v3i1.860
King, F. (2016). Teacher professional development to support teacher professional learning: Systemic Factors from Irish case studies. Teacher Development, 20(4), 574–594. https://doi.org/10.1080/13664530.2016.1161661
Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Pena, 3(1), 81–91.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
McKnight, K., O’Malley, K., Ruzic, R., Horsley, M., Franey, J. J., & Bassett, K. (2016). Teaching in a digital age: How educators use technology to improve student learning. Journal of Research on Technology in Education, 48(3), 194–211. https://doi.org/10.1080/15391523.2016.1175856
Mudlofir, A. (2015). Pendidik Profesional. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Rosda Karya.
Murdaningsih, D. (2019). Rendahnya Kompetensi Guru Jadi Masalah Pendidikan Indonesia. Retrieved from https://republika.co.id/berita/pq53k5368/rendahnya-kompetensi-guru-jadi-masalah-pendidikan-indonesia
Murdianingsih, D. (2019). Rendahnya Kompetensi Guru Pendidikan Indonesia. Retrieved from https://republika.co.id/berita/pq53k5368/rendahnya-kompetensi-guru-jadi-masalah-pendidikan-indonesia
Muriani, Y., MS, Z., & Suseno, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.469
Novauli. M, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1), 45–67.
Pantić, N., Wubbels, T., & Mainhard, T. (2011). Teacher competence as a basis for teacher education: Comparing views of teachers and teacher educators in Five Western Balkan countries. Comparative Education Review, 55(2), 165–188. https://doi.org/10.1086/657154
Ripahiyah, R. (2020). Kompetensi guru. https://doi.org/10.31227/osf.io/vu46z
Seftiawan, D. (2019). 70 Persen Guru Tidak Berkompeten. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01317844/70-guru-tidak-kompeten
Siyoto, S. (2015). Dasar Penelitian Metodologi. Sleman, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sriwihajriyah, N. ;, Ruskan, E. L. ;, & Ibrahim, A. (2012). Sistem pembelajaran dengan e-learning untuk persiapan ujian nasional pada SMA Pusri Palembang. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(1), 450–449.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digilib.Uinsgd.Ac.Id, 2019, 1–9. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/
Suhandani, D., & Kartawinata, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.874
Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 185. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316
Tarkus Suganda. (2018). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ZAMAN NOW (GENERASI Z) (Vol. 108, pp. 1042–1043). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23700.60800
Wartomo, W. (2016). Peran guru dalam pembelajaran era digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Vii, (November), 265–275. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/6500/1/TING2016ST1-26.pdf
Yani, A. (2020). Kurangnya Kompetensi Teknologi Guru. Retrieved from https://www.harianjurnal.com/opini/1429-dilematis-pembelajaran-ditengah-pandemi-perlu-solusi-strategis
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i2.2538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sulistyani Puteri Ramadhani