PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PERANAN GURU DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Sekolah sebagai lembaga pendidikan bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter siswa.Untuk mewujudkannya guru berperan penting dalam usaha untuk meningkatkan standar perilaku melalui aturan sebagai alat menegakan disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, dan mendeskripsikan peran guru dalam mewujudkan karakter disiplin bagi siswa sekolah dasar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan alasan untuk mendalami peranan guru sedangkan untuk memfasilitasi perkembangan pemikiran para ahli dengan memakai metode deskriptif dengan cara mendeskripsikan kajian dari beberapa ahli kemudian dianalisis. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan studi pustaka dimana peneliti mengumpulkan data dengan cara membaca, mempelajari, dan menganalisis jurnal-jurnal nasional maupun internasional, buku, artikel dari peneliti terdahulu yang ada hubungannya dengan obyek penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa guru berperan penting dalam pembinaan disiplin siswa, sehingga siswa mentaati segala peraturan yang ditetapkan dan mencegah timbulnya problem-problem disiplin.
Full Text:
126-135References
Althof W. and Berkowitz M.W .(2012). Moral Education And Character Education: Their Relationship And Roles In Citizenship Education. University of Missouri-St. Louis, USA
Bloom, B.S., (1979). Taxonomy Of Educational Objectives Book 1: Cognitive Domain.London: Longman Group LTD.
Bodgan, Robert C & Sari Knopp, B. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn and Bacon, inc.
Budimansyah, Dasim (2014). Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter, Widya Aksara Press: Bandung
Canggih Kharisma, Suyatno .(2018). Peran Guru Dalam Menanamkan Karakteri Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Bleber 1 Prambanan Sleman. e-ISSN: 2614-1620 Vol. 1 No. 2 p 131-139
Djahiri, A, K. (1992)). Menelusuri Dunia Afektif-Nilai Moral dan Pendidikan Nilai Moral, Bandung: Laboratorium Pengajaran PMP IKIP Bandung
Fathurrohman. P , Suryana. AA, dan Fatriany. F,(2015) . Pengembangan Pendidikan Karakter. Refika Aditama: Bandung
Hakam, Kama Abdul .(2013). Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. UPI: Bandung
Hartini, Sri .(2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Al-Asasiyya: Journal Basic Of Education, Vol.02, No.02, Juli-Desember 2017, ISSN: 2548-9992 38
Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Alfabeta. Bandung.
Kutha, Ratna Nyoman .(2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kesuma, D. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Rosdakarya
Komalasari, Kokom .(2012). The Effect Of Contextual Learning In CivicEducation On Students' Character Development. Asia Pacific Journal of Educators and Education, Vol. 27, 87–103, 2012
Lickona, T. (1991). Educating For Character. New York: Bantam Books.
-------------. (2012). Character matters: persoalan karakter, bagaimana membantu anakmengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya(Terjemahan). Jakarta: Bumi Aksara.
Leon, Miller. .(2015). Values Generation: Turning Values into Wealth. Tallinn University of Technology.
Lynn R and Arthur, J .(2012). Character education in schools and the education of teachers. Canterbury Christ Church University, UK
Mulyana. R. (2013) Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Rosdakarya: Bandung
Mulyasa, . (2012) Manajemen Pendidikan Karakter. Rosdakarya: Bandung
Phenix. P. H. (1964) Realms Of Meaning. McGraw-Hill Book Company New York
Putry Julia , Ati .(2019) Peranan Guru dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin danKejujuran Siswa.
Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Juli 2019 : 112-122 ISSN 2548-8848
Sardiman, A. M., (2007) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers.
Sugiyono .(2014). Metode Penelitian Kombinasi, Alfabeta: Bandung
Sukmadinata. N. S. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya: Bandung
Suryadi, Ace .(2015) Pendidikan Menghadapi tahun 2025, Rosadakarya: Bandung
Wuryandani, Wury . (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan No. 2
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yoyo Zakaria Anshori