PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas V SD Negeri Sindang IV Sumedang. Subjek penelitian ini adalah ssiwa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian yang diguanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan desain penelitian Kemist Tagart yang tediri dari 3 siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Adapun rata-rata kelas pada siklus I (61,7), siklus II (68,6) dan siklus III (74,2). Jika dipersentasekan ketuntasan belajar pada setiap siklus dapat dijelaskan bahwa pada siklus I sebesar (53,8%), siklus II sebesar (73,1%), dan siklus III sebesar (88,5%). Hal tersebut didukung oleh perencanaan dan pelaksanaan. Untuk perencanaan terjadi peningkatan yang signifikan mulai dari siklus I-III yaitu 100% dari seluruh indikator. Untuk pelaksanaan yaitu kinerja guru mencapai 100% di siklus III sedangkan untuk aktivitas siswa di siklus III mencapai 14 siswa tergolong kategori baik (53,8%) dan 12 siswa tergolong cukup (46,2%). Bedasarkan hal tersebut jadi penerapan model pembelajaran Quantum Teacihng dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPS materi peristiwa alam di kelas V SD Negeri Sindang IV.
Keywords
Full Text:
92-100References
A’la, M. (2010). Quantum Teaching. Buku Pintar dan Praktis. Jogjakarta. DIVA Press
Depdiknas, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD. (2006). Pedoman Penyusunan KTSP SD. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
DePorter, B. Reardon, M. Nourie-Singer, S. (2012). Quantum Teaching. Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Dimyati & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Febriyanto dan Yanto. (2019). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 3(1): 108-116.
Heni, D., Marhadi, H., & Noviana, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 006 Teluk Sejuah Kecamatan Kelayang. Jurnal Online Mahasiswa. 4(1): 1-12.
Jusmaniar, Mujiantu, & Kurniawa, O. (2017). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Iv Sdn 016 Sekeladi Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa. 4(1): 1-9.
Purwanto, N. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saiman, M., & Slameto. (2015). Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS kelas V SDS Kalam Kudus Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Bengkalis. Jurnal Ilmu- ilmu Sejarah, Budaya, dan Sosial. 6(15): 89-117.
Sapriya. (2008). Pendidikan IPS. Bandung: UPI Press.
Supratiknya, A. (2012). Penialian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, M. (2006). Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
ena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta. Bumi Aksara.
Widodo, & Widayanti, L. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia. 17(49): 32- 35).
Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yahya, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sms Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek. 5(1): 155-166.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ria Kurniasari