PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA
Abstract
Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar seringkali kurang menanamkan kemampuan berpikir sehingga siswa masih belum sepenuhnya memahami konsep seutuhnya. Hal ini
menyebabkan pemahaman matematis siswa belum mencapai tingkat yang maksimal. Penggunaan media yang digunakan dalam pembelajaran masih berupa hal yang abstrak
dan dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada hal yang konkret yaitu pendekatan matematika realistik. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk (1)
Mengetahui perbedaan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik, (2) Mengetahui
perbedaan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional, (3) Mengetahui perbedaan pemahaman matematis siswa
yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dengan yang menggunakan metode konvensional. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cigasong I dengan sampel 2 kelas dengan subjek penelitian berjumlah 63 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman matematis siswa awal maupun akhir. Analisis data yang digunakan adalah Uji Mann Whitney karena hasil dari uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak normal. Uji Mann Whitney ini bertaraf signifikansi jika nilai Asymp.Sig < 0,05 maka hipotesis diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pemahaman matematis siswa yang signifikan sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik, (2) Terdapat perbedaan pemahaman matematis siswa yang tidak signifikan sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional, (3) Terdapat perbedaan pemahaman matematis siswa yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik dengan yang menggunakan metode konvensional bagi siswa kelas IV SD Negeri Cigasong 1 Kabupaten Majalengka.
Full Text:
82-91References
Abimanyu, B. (2019). Indikator Kemampuan Matematis. [Online]. Tersedia:
https://www.academia.edu/8563333/INDIKATOR_KEMAMPUAN_MATEMATIS. [29 September 2019].
Amrulloh. (2018). “Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Madrasah”. Jurnal Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. hlm. 169-175.
Emda, A. (2017). “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran”. Lantanida Journal. 5, (2), hlm. 93-196.
Febriyanto, B., Haryanti, YD., Komalasari, O. “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 4, (2). hlm.32-44.
Hartati, N. (2017). Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R.
(2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Nur’aini, E. S., Irawati, R., dan Julia. (2016). “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kepercayaan diri siswa pada materi menyederhanakan pecahan”. Jurnal Pena Ilmiah. 1, (1), hlm. 691-700.
Ozkaya, A., dan Karaca, S. Y. (2017). “The Effects of Realistic Mathematics Education on Students’ Math Self Reports in Fifth Grades Mathematics Course”. International Journal of Curriculum and Instruction. 9, (1), hlm. 81-103.
Putra, D.O.P. (2018). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar pada materi KPK dan FPB melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Siswa Kelas VA SD Kanisius Murukan. Skripsi Sarjana pada FKIP Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta: tidak diterbitkan.
Rahmayanti, T. (2014). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Skripsi Sarjana pada FKIP Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta: tidak diterbitkan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
T.n. (2016, 6 Desember). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami
Peningkatan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan [Online], halaman
Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan. [1 Juli 2019].
Wahyuniati. (2013). Keefektifan Model
Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Skripsi Pascasarjana pada Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Purwokerto: tidak diterbitkan.Widyastuti, N. S., dan Pujiastuti, P. (2014). “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa”.
Jurnal Prima Edukasia. 2, (2), hlm. 183-193.
Yanto, A. (2017). “Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menjelaskan Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Transportasi melalui Penerapan Metode Kooperatif Jigsaw”. Jurnal Cakrawala Pendas. 3,(1), hlm. 44-52.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ari Yanto, Yuyu Yuliati, Terra Anjani