PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SD NEGERI DAWUHAN
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini menerapkan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar pada tema Kayanya Negeriku. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar dan sikap peduli lingkungan siswa yang diketahui dari hasil observasi, wawancara, dan nilai ulangan siswa yang menunjukkan bahwa 60% dari jumlah seluruh siswa belum mencapai KKM yaitu 65. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Dawuhan Kulon tahun pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, skala sikap serta soal evaluasi. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan ketuntasan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 23,5% dan pertemuan 2 sebesar 58,8%. Siklus II pertemuan 1 sebesar 82% dan pertemuan 2 sebesar 100%. Perolehan ketuntasan belajar pada akhir siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu >80%.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas.
Full Text:
107-112References
Arifin. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad ke 21. Bogor:Ghalia Indonesia
Salamah. 2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi di Sekolah. Jakarta : PT. Grasindo
Trimutiasari, dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantu Modul Program KRPL Untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD Islam Moh. Hatta Malang. Vol. 1 No. 6. Hal. 1185-1190.
Yaumi. 2014. Pendidikan Karakter. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Zubaedi. 2011. Design Pendidikan Karakter. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i2.1383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Agus Dwijayanto