EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP PENINGKATAN ACADEMIC SELF-EFFICACY DAN PENGUASAAN KONSEP DASAR IPA MAHASISWA PGSD
Abstract
Sejumlah fakta di lapangan terkait rendahnya keyakinan diri mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) dalam menyelesaikan tugas akademis dan penguasaan konsep IPA melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa besar efektivitas penerapan strategi pembelajaran scaffolding terhadap peningkatan academic self efficacy dan penguasaan konsep dasar IPA mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Bentuk dukungan strategis diwujudkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan berjenjang sesuai dengan kerangka kerja Taksonomi Bloom Revisi. Penelitian ini melibatkan satu kelas mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Konsep Dasar IPA yaitu sebanyak 27 orang mahasiswa prodi PGSD tahun akademik 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-experiment dengan desain one group pre-test- post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa kuesioner yang diadaptasi dari academic self-efficacy scale (ASES) yang dikembangkan dengan mengacu pada dimensi self-efficacy menurut Bandura. Sebanyak 72 item terdiri dari pernyataan positif dan pernyataan negatif digunakan untuk menjaring data academic self-efficacy mahasiswa. Penguasaan konsep mahasiswa tentang subkonsep Biologi dijaring menggunakan 40 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada variabel ASE dan penguasaan konsep dasar IPA subkonsep Biologi mahasiswa PGSD secara signifikan ditinjau dari nilai N-gain dan hasil t-test. Kecenderungan data menunjukkan terdapat peningkatan tingkat ASE pada kategori tinggi sebesar 3,7%. Peningkatan pada tingkat ASE sedang sebesar 3,7% sedangkan pada tingkat rendah terjadi penurunan sebesar 22,2%. Secara empirik scaffolding pertanyaan meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dengan rata-rata N-gain sebesar 0,7 termasuk kategori tinggi. Pertanyaan berjenjang yang diajukan oleh dosen selama mahasiswa membaca textbook memfasilitasi mereka untuk menyiapkan mental untuk menyerap informasi secara lebih efektif dengan demikian keyakinan terhadap kemampuan diri dan penguasaan konsep cenderung meningkat.
Keywords : Scaffolding, Academic Self-Efficacy, Konsep Dasar IPA
Full Text:
174-182References
Aagaard, L. Skidmore, R.L. Conner, T.V. (2014).“Self-Efficacy, Textbook Use, and Activity Preferences of College Students in a High-Poverty Area,” Morehead State University. Conference on Higher Education Pedagogy.
Alegre, A.A. (2014). “Academic Self-Efficacy, Self-regulated Learning and Academic Performance in First-year University students,” Propositos y Representaciones, Vol. 2 (1), 79-120.
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). “A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives,” New York : Addison Wesley Longman Inc.
Bandura, Albert. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological bulletin, (84) hlm. 194-215.
Bandura, Albert. (1995). Self-efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University.
Bandura, Albert. (1997). “Self-efficacy: The exercise of control,” New York: Freeman.
Chairiyati, L.R., “Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dan Konsep Diri Akademik dengan Prestasi Akademik”. HUMANIORA, Vol. 4 (2), 1125-1133.
Chin, C. (2007).“Teacher Questioning in Science Classroom : Approaches that Stimulate Productive Thinking,” Journal of Research in Science Teaching, Vol. 44, 815-843.
Clark, K.F. & Graves, M.F. Scaffolding students’ comprehension of text. The Freading Teacher, 58 (6), 570-580.
Fisher, D. & Frey, N., “Identifying instuctional moves during guided learning,” The Reading Teacher, 64 (2), 84-94. Hikmawati, V.Y. (2014). “Profil Retensi Pengetahuan Siswa SMA pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh melalui Metode Membaca SQ5R,” Journal Bioeducatio, Vol. 1 (1), 55-63.
Kurien, S.K. (2011). The Relation Between Teachers’ Personal Teaching Efficacy and Students’ Academic Efficacy for Science and Inquiry Science. Dissertation: The Graduate College at the University of Nebraska. Nebraska : Proquest LLC.
Mckinnon, J.L. “Effect of Scaffolding Higher Order Thinking Questions on Reader Self-Efficacy and Critical Thinking of Sixth Grade Students,” Dissertation, Departement of Education and Educational Psychology, Western Connecticut State University.
Pajares, F. (2002). Overview of Social Cognitive Theory and of Self-Efficacy. Emory University. [Online]. Tersedia : http: www//emory.edu/EDUCATION/mfp/eff.htm.
Rohaan, E., Taconis, R., & Jochems, W. (2012). Analysing teacher knowledge for technology education in primary schools. International Journal of Technology and Design Education, 22(3), 271–280.
Santrock, J. (2008). “Psikologi Pendidikan,” Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Media Group.
Schunk, D.H. (2003). Self-efficacy for Reading and Writing : Influence of modelling, goal setting, and Evaluation. Reading and Writing Quarterly,
Taufik, L.M., & Hikmawati, V.Y. (2017). Gagasan Pembelajaran Masa Depan. Bio Educatio. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan IPA I : Penguatan Kemampuan Guru IPA dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. Universitas Pancasakti Tegal. Hlm. 69-81.
Taufik, L.M. (2018). Academic Self-Efficacy Mahasiswa Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Subkonsep Biologi. Jurnal Bio Educatio, Vol. 3 (1).
Taufik, L.M. & Rinto. (2018). Efectiveness of Scaffolding to Promote Academic Self Efficacy of Preservice Elementary Teacher. Proceeding International Conference on Elementary Education (ICEE). Universitas Pendidikan Indonesia. Hlm. 554-562.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Humaniora.
Tuckman, B.W. & Monetti. (2011). “D.M Psicología educativa,” México, DF.:Cengage Learning..
Vygotsky, L.S. (1978). Mind Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA : Harvard University Press.
Wardhani, Prayuningtyas Angger. (2015). Efikasi Diri dan Pemahaman Konsep IPA dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.6, Edisi 1.
Wells, G. Reevaluating the IRF sequence : A proposal for the articulation of theories of activity and discourse for the analysis of teaching and learning in the classrom. Linguistic and Education, 5, 1-37.
Yantraprakorn, Phutthraksa, Pornapit, Darawasang, et al. (2013). “Enhancing Self Efficacy through Scaffolding,”. http://www.litu.tu.ac.th/journal/FLLTCP/Proceeding/284.pdf. 284-295.
Yilmaz-Tuzun, O. (2008). Preservice elementary teachers’ beliefs about science teaching. Journal of Science Teacher Education, 192(2), 183–204.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v1i2.1129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Elementaria Edukasia