UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MINI DENGAN BOLA PLASTIK SEKOLAH DASAR NEGERI KERTASARI KECAMATAN LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA

Yayat Ruhiatna

Abstract


Pada hakekatnya, pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah-sekolah umumnya disampaikan dalam bentuk permainan dan olahraga. Untuk itu para guru seharusnya memiliki rencana pembelajaran yang didalamnya berisi bekal pengetahuan dan keterampilan tentang setrategi dan struktur mengajar untuk peningkatan belajar anak. Kenyataan di lapangan pendidikan jasmani yang ada saat ini belum dikelola sebagaimana mestinya, termasuk dalam pembelajaran bola voli. Pengembangan pembelajaran permainan bola voli mini pada pendidikan jasmani melalui modifikasi sangatlah tepat dilakukan, karena selain variasi mengajarnya banyak, penyesuaian terhadap kemampuan anak sehingga mereka tidaklah terlalu bosan mengikuti pembelajaran, termotivasi dan bergairah untuk bergerak. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan data pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan dalam siklus-siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kertasari Ligung Majalengka. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar passing bola voli mini dengan bola plastik SDN Kertasari Ligung Majalengka dapat meningkatkan minat dan motivasi terhadap proses pembelajaran passing bola voli mini sehingga dapat mencapai nilai KKM. Peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Kertasari Ligung Majalengka dapat dilihat dari masing-masing aspek selama siklus I dan siklus II. Nilai psikomotor pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 59,37%, sedangkan pada siklus II mencapai 68,75%. Hasil penilaian afektif selama siklus I sebanyak 50% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,12%. Sedangkan nilai kognitif selama siklus I sebanyak 36,25% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,25%.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Passing, Bola Voli mini


Full Text:

PDF

References


Adang Suherman. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta :Depdikbud.

A Husna M. 2009. 100+Permainan Tradisional Indonesia.Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Among Ma mundanYudhaSaputra.2000. Perkembangan gerak dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdiknas.

Arli Wijatmiko. 2012. Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Pendekatan Bermain Melempar Bola Pada SISWA KELAS V.

Asep Kurbia Nenggala. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Grafindo Media Pratama.

Ateng, Abdul Kadir. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdikbud.

Depdiknas. 2006. Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta : Tidak Diterbitkan.

Irwansyah. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Grafindo Media Pratama.

M. Yunus 1992. Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta : Depdikbud Dirjendikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Mohamad Ma’rif

Burahima. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Penerapan Metode Drill. (Skripsi) Yogyakarta : FIK UNY.

Soemitro. 1992. Permainan Kecil. Jakarta : Depdikbud. Suharsini Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Suherman, dan Bahagia. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta : Depdiknas.

Sukintaka. 1992. Teori Bermain. Jakarta : Depdikbud.

Tadkiroatun Musfiroh. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta : Grasindo. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Usman Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.