UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN SUNIA III, KECAMATAN BANJARAN TAHUN AJARAN 2017-2018

Sunarya Sunarya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKN menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas V SDN Sunia III Kecamatan Banjaran Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sunia III Kecamatan Banjaran yang berjumlah 19 siswa dan obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pokok materi menghargai keputusan bersama.Model yang digunakan dalam penelitian ini berkolaborasi dengan guru kelas V SDN Sunia III Kecamatan Banjaran dan peneliti.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Numbered Heads Together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa: (1) Prestasi belajar siswa pada pra siklus dengan rata-rata kelas 68,635 dan persentase ketuntasan 53% termasuk kriteria sedang, setelah dilakukan tindakan siklus I prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata kelas menjadi 74,13 dan persentase ketuntasan 65% termasuk kriteria tinggi, kemudian setelah dilakukan tindakan siklus II prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata kelas menjadi 80,88 dan persentase ketuntasan mencapai 85% termasuk kriteria sangat tinggi. (2) Aktivitas guru dalam pembelajaran PKN pada siklus I yaitu 82,5% termasuk kriteria sangat tinggi, dan pada siklus II  meningkat menjadi 97,5% termasuk kriteria sangat tinggi. (3) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 81,25% termasuk kriteria sangat tinggi, dan pada siklus II  meningkat menjadi 93,75% termasuk kriteria sangat tinggi. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa model Numbered Heads Together dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa pada siswa kelas V SDN Sunia III Kecamatan Banjaran Tahun Ajaran 2017-2018

 

Kata Kunci: PKN, prestasi belajar, model pembelajaran Numbered Heads Together

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anas Sudijono. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Arosy, Yuwanita Nur Konsul (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonsari Borobudur Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Asep Sahid Gatara dan Subhan Sofhian. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Fokusmedia. Aziz Saefudin. 2012.Meningkatkan Profesionalisme Guru Dengan PTK. Yogyakarta: PT Citra Adi Parama.

Iif Khoiru Ahmadi, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya. Indah Komsiyah. 2012.Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Lia Marliana. 2013. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Numbere Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangnongji 1 Karangnongko Tirtomartani Kalasan Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta.

Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhamad Erwin. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sadirman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saifuddin Azwar. 2011. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto.2010. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suharsimi

Arikunto, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sutoyo. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syaiful Bahri Djamarah. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Udin S Winataputra, dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran PKN SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wuri Wuryandani dan Fathurrohman.2012. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.