METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mochammad Ali Rajai

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode curah pendapat untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar. Model penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Kemmis dan McTaggart) dengan langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teori yang menunjang terhadap pelaksanaan penelitian ini adalah teori perkembangan anak dari Piaget dan Winataputra, yang menekankan bahwa pada usia 7-11 tahun peserta didik sekolah dasar merupakan tahap dimana anak sudah mulai berpikir rasional. Hasil penelitian menunjukkan terbuktinya penerapan metode curah pendapat untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik di kelas IV  sekolah dasar, maka aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata penilaian berbicara yaitu 86, siklus II rata-rata penilaian berbicara meningkat menjadi 88,57.Penulis merekomendasikan bahwa pembelajaran harus dirancang secara bervariasi sehingga aktivitas belajar tidak membosankan. Pembelajaran berbicara dengan metode curah pendapat bisa diterapkan pada materi yang sesuai dengan karakter usia peserta didik sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Brainstorming, Kemampuan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Ade Irma. (2008). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dengan Teknik KWL di Kelas IV SD. Bandung: UPI. Tidak diterbitkan

Anwar R. (2008). Pendekatan Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Bandung UPI. Tidak diterbitkan

Brainstorming.(2006) Curah Pendapat. [online] tersedia: (http://www.itpin.com/ blog/2006/07/03brainstorming/) [1 Maret 2009]

………(2006) Curah Pendapat. [online] tersedia: (en.wikipedia.org/wiki.brain storming-49k) [1 Maret 2009]

Subana dan Sunarti.(2001). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung. Pustaka Setia

Syamsu, Y.(2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung. Rosdakarya

Tarigan, H.G.(2008) Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. (edisi revisi). Bandung. Angkasa

Tarigan, Martini, dan Sudibyo.(1997). Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta. Depdikbud

Winataputra, dkk.(2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka

Wiriaatmaja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung : Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.