METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode curah pendapat untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar. Model penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Kemmis dan McTaggart) dengan langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teori yang menunjang terhadap pelaksanaan penelitian ini adalah teori perkembangan anak dari Piaget dan Winataputra, yang menekankan bahwa pada usia 7-11 tahun peserta didik sekolah dasar merupakan tahap dimana anak sudah mulai berpikir rasional. Hasil penelitian menunjukkan terbuktinya penerapan metode curah pendapat untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik di kelas IV sekolah dasar, maka aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata penilaian berbicara yaitu 86, siklus II rata-rata penilaian berbicara meningkat menjadi 88,57.Penulis merekomendasikan bahwa pembelajaran harus dirancang secara bervariasi sehingga aktivitas belajar tidak membosankan. Pembelajaran berbicara dengan metode curah pendapat bisa diterapkan pada materi yang sesuai dengan karakter usia peserta didik sekolah dasar.
Kata Kunci: Brainstorming, Kemampuan Berbicara
Full Text:
145-154References
Ade Irma. (2008). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dengan Teknik KWL di Kelas IV SD. Bandung: UPI. Tidak diterbitkan
Anwar R. (2008). Pendekatan Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Bandung UPI. Tidak diterbitkan
Brainstorming.(2006) Curah Pendapat. [online] tersedia: (http://www.itpin.com/ blog/2006/07/03brainstorming/) [1 Maret 2009]
………(2006) Curah Pendapat. [online] tersedia: (en.wikipedia.org/wiki.brain storming-49k) [1 Maret 2009]
Subana dan Sunarti.(2001). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung. Pustaka Setia
Syamsu, Y.(2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung. Rosdakarya
Tarigan, H.G.(2008) Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. (edisi revisi). Bandung. Angkasa
Tarigan, Martini, dan Sudibyo.(1997). Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta. Depdikbud
Winataputra, dkk.(2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka
Wiriaatmaja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung : Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v1i2.1047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Elementaria Edukasia