MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KESIMPULAN ISI CERITA ANAK PADA PEMBELAJARAN MEMBACA DENGAN MENERAPKAN METODE SQ3R (SURVEY,QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DI KELAS V SDN MARGAJAYA

Jajang Sudirman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa melalui menulis kesimpulan sesuai isi cerita anak. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya memperbaiki serta meningkatkan proses kegiatan belajar melalui penerapan metode SQ3R (survey, question, read, recite, review) dalam membuat kesimpulan isi cerita anak pada pembelajaran membaca di kelas V SDN Margajaya. Metode SQ3R terdiri dari tahap survey melalui kegiatan mengamati judul serta panjang pendek cerita, question dengan membuat pertanyaan mengenai teks cerita,  read atau membaca keseluruhan teks, recite yang dilakukan dengan menjawab pertanyaan dan menemukan gagasan utama,dan review atau membaca kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Margajaya sebanyak 17 orang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model spiral Kemmis & Mc.Tagart. Hasil yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan selama tiga siklus mengalami peningkatan hingga mencapai ketuntasan. Pada data awal persentase ketuntasan yang dicapai siswa dalam membuat kesimpulan adalah 29% dan pada siklus III menjadi 88%. Dengan demikian penerapan metode SQ3R memberikan hasil yang positif terhadap proses pembelajaran, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Margajaya pada menulis kesimpulan isi cerita anak dalam pembelajaran membaca.

 

Kata kunci: Metode SQ3R, Menulis Kesimpulan Cerita Ana

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagakerjaan.

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yramawidya.

Dalman, H. (2013). Keterampilan Membaca. Depok : PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Djuanda, Dadan. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS

Heriawan, Adang., Darmajari, Sanjaya.,& Arip. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iswara, Prana Dwija. (2014). Teknik Membaca Membuka-buka Buku. Sumedang: UPI PRESS.

Nurhadi. (2005). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Resmini, N., Churiah, Y., &Sundori, N. (2010). Membaca dan Menulis di SD. Bandung : UPI PRESS.

Subekti, Aris.,dkk. (2014). Sehat Itu Penting : Buku Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitia Kualitatif. Bandung: CV.Alfabeta.

Sumadoyo., Samsu. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Syaripudin, Tatang.,&Kurniasih. (2012). Pedagogik Teoritis Sistematis. Bandung: Percikan Ilmu.

Syamsuddin, AR., &Damaianti, S Vismaia. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, DP. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2008a). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardani, I G.A.K., Kuswaya, Wihardit.,& Nasoetion, Noehi. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Wardani, I. G.A.KKuswaya.,& Wihardit., (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Wiktionary, (2012). Pengertian Kesimpulan [Online]. Diakses dari: https://id.wiktionary.org/wiki/kesimpulan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.