PENERAPAN METODE SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Jubaedah Jubaedah

Abstract


IPA adalah salah satu mata pelajaran yang digemari oleh para siswa, namun selama inihasil belajar mata pelajaran IPA kurang memuaskan. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan siswa rendah adalah metode mengajar yang selama ini digunakan cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru (teacher oriented). Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan salah  satu metode pembelajaran inovatif yaitu metode SAVIdalam mengajarkan IPA di kelas V SDN Cibentar 1Kec. Jatiwangi Kab. Majalengka.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap : perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi dengan subjek penelitan 40 orang siswa. Pada pembelajaran ini guru berperan sebagai fasilitator sedangkan siswa mengkonstruk pengetahuan sendiri.Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode SAVI dalam pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus III.Hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan hanya mencapai 12,5% atau hanya ada lima siswa yang mencapai ketuntasan. Pada siklus I mencapai persentase 33,3% atau ada 13 siswa yang mencapai ketuntasan, pada siklus II menjadi 69,2% atau ada 27 siswa yang mencapai ketuntasan, pada siklus III menjadi 95% atau ada 37 siswa yang mencapai ketuntasan. Dengan demikian hal tersebut membuktikan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan metode SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci :Metode SAVI, Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono.(2006).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Suyadi.(2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Teradu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhana, Y. (2010). Teori Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Pribumi Mekar.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sujana, A. (2013). Pendidikan IPA. Bandung: Rizqi Press.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2013).Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Samatowa, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Hernowo & Astuti, R. (Penyunting dan penerjemah). (2005). The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Djuanda, D., et al. (2009). Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tidak Diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.