RANCANG BANGUN APLIKASI PENILAIAN UJIAN ESSAY DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAZIEF & ANDRIANI DAN METODE COSINE SIMILARITY

Ade Bastian, Harun Sujadi, Pendi Angga Sukmana

Abstract


Ujian Essay adalah salah satu proses evaluasi yang sering dilaksanakan oleh setiap bidang pendidikan untuk mengetahui kemampuan siswa terutama mahasiswa. Dengan dilaksanakannya ujian berbasis essay, mahasiswa tidak bisa menebak jawaban dalam pengisian soal essay dan dosen dapat menilai perkembangan kemampuan mahasiswanya dalam menjawab pertanyaan. Namum ada beberapa masalah yang sering terjadi yaitu pada saat dosen menilai hasil jawaban ujian essay, waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa jawaban secara manual akan lama dan nilai yang di berikan kepada tiap mahasiswa sering tidak konsisten padahal jawaban essay beberapa mahasiswa tersebut sama. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut diperlukan sebuah aplikasi yang membuat pekerjaan penilaian jawaban ujian essay lebih cepat dari biasanya dan untuk menghitung nilai bisa disamakan dengan kunci jawaban dengan mengguanakan metode Cosine Similarity sehingga penilaian jawaban lebih akurat dengan kunci jawaban. Supaya penilaian kunci jawaban lebih akurat diperlukan stemming terlebih dahulu. Yang mana kata yang berimbuhan kembali ke kata dasar. Proses tersebut menggunakan Algoritma Nazief dan Adriani. Setelah metode Cosine Similarity dan algoritma Nazief & Adriani dimasukkann kedalam aplikasi tepatnya dalam proses perhitungan nilai jawabannya, maka waktu penilaian jawaban essay akan cepat serta nilai yang didapatkan mahasiswa akan lebih konsisten.

Keywords


Ujian Essay; Algoritma Nazief & Andriani; Cosine Similarity

Full Text:

PDF

References


Dewey, J. (1997). Democracy and Education. Free Press.

Firdaus, A., Ernawati, & Vatresia, A. (2014, April). Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Pada Dokumen Teks Menggunakan Algoritma Nazief & Adriani Dan Metode Cosine Similarity. Jurnal Teknologi Informasi, 10 Nomor 1, 1-14.

Fitri, R., & Asyikin, A. N. (2015). Aplikasi Penilaian Ujian Essay Otomatis Menggunakan Metode Cosine Similarity. POROS TEKNIK, 88-94.

Sulistyo, M. E., Saptono, R., & Asshidiq, A. (2015, Juli). Penilaian Ujian Essay Menggunakan Metode Text Similarity. TELEMATIKA, 146-158.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ade Bastian, Harun Sujadi, Pendi Angga Sukmana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.