E-PAY ANGSURAN PADA KOPERASI INTAN ABADI BANYUWANGI BERBASIS ANDROID

Ahmad Suriyanto, Ahmad Chusyairi

Abstract


CV. Intan Abadi Banyuwangi adalah salah satu koperasi yang bergerak pada bidang simpan pinjam di mana proses administrasi masih menggunakan nota kuitansi, sehingga dapat mengakibatkan sering terjadi kesalahan pencatatan pembayaran angsuran, keterlambatan pembayaran, kehilangan nota kuitansi sebelum melakukan perekapan pembayaran angsuran dari nasabah, dan karyawan membutuhkan waktu yang lama. Android adalah salah satu sistem operasi berbasis mobile yang dapat mendukung pembayaran angsuran pada koperasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah waterfall. Hasil yang didapatkan dalam penelitian  ini adalah kemudahan nasabah dalam melaporkan pembayaran angsuran melalui transfer melalui nomor rekening yang ditentukan koperasi. Pada sistem E-Pay nasabah dapat tidak perlu menunggu karyawan untuk melakukan pembayaran angsuran, di mana nasabah dapat memasukkan kode transfer dan nominal angsuran untuk melaporkan pembayaran angsuran, nasabah juga dapat melihat history pembayaran angsuran yang diajukan di mana menunggu proses persetujuan dari admin, dan jika sudah disetujui oleh admin, maka nasabah juga dapat melihat history angsuran.

Keywords


E-Pay; Angsuran; Koperasi; Android; Waterfall

Full Text:

PDF

References


Mariyam, S., Thalia I., Firdausy, M. A. & Chusyairi A. 2017. Perancangan Sistem Informasi Point Non Akademik (E-Point) Pada STIKOM PGRI Banyuwangi. Conference on Information Technology, Information Sytem and Electrical Engineering (CITISEE), STMIK Amikom, Purwokerto, 7 Desember.

Nurhanafi, A. 2014. Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Sari Mulyo Kecamatan Ngadirojo. Indonesian Journal on Networking and Security, III (3): 41-49.

Nursaman, M., Astuti I.K. & Matondang F. 2018. Aplikasi Sistem Informasi Koperasi Karyawan Pada PT.Surya Siam Keramik. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (Semnas Teknomedia), Universitas Amikom, Yogyakarta, 10 Februari.

Pato, S. 2013. Analisis Pemberian Kredit Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Emba, I (4): 875-885.

Sarwengga, O., Abdillah J. & Yuniar I. 2014. Sistem Informasi Akuntansi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus Pada Koperasi Bina Sejahtera Bandung). Rekayasa Sistem & Industri, I (2): 28-33.

Swasono, A. B. & Kusnadi Y. Implementasi Sistem Informasi Angsuran Kredit Mobil (Studi Kasus: PT. Asrindo Jaya Jakarta). Techno Nusa Mandiri, XIV (1): 71-76.

Trino J. 2013. Penerapan Sistem Informasi Pada Koperasi Simpan Pinjam. Agri-tek, XIV (2): 71-79.

Wahyuni M. & Anwar C. 2014. Analisis Tingkat Kuantitas Angsuran Dan Peningkatan Unit Penjualan Kendaraan Bermotor Pada Dealer Resmi Motor PT. Niaga Utama Sejahtera. Ilmiah Wahana Akuntansi, IX (2): 168-180.

Wati, J., Arifulsyah, H. & Zarefar A. 2016. Laporan Simpan Pinjam Pada KSU Rejosari Menggunakan Microsoft Access 2013. Akuntansi Keuangan dan Bisnis, IX (1): 78-87.

Zaef, R. M., Herbaviana, N. C. & Chusyairi A. 2018. Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Android Menggunakan Metode Agile. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI), STMIK Atma Luhur, Pangkalpinang, 8-9 Maret.


Refbacks



Copyright (c) 2018 Ahmad Suriyanto, Ahmad Chusyairi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.