ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DALAM PUISI SELAMAT PAGI INDONESIA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA

Pipik Asteka

Abstract


ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DALAM PUISI SELAMAT PAGI INDONESIA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA

 

oleh

Pipik Asteka

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

ABSTRAK

 

Bahasa sebagai alat komunikasi terdiri atas dua ragam yaitu bahasa lisan dan bahasa tulis. Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi empat aspek keterampilan, yaitu sebagai berikut: pertama, menyimak; kedua berbicara; ketiga, membaca dan keempat, menulis. Pembelajaran sastra cenderung kurang berani menggali teks dalam konteks yang lebih luas. Padahal sangatlah mungkin  guru mengajak siswa untuk masuk dan menyelami unsur pembangun sastra dari luar teks pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemilihan puisi untuk kepentingan alternatif bahan ajar dan peningkatan hasil pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk memberikan suatu fenomena secara analisis, sistematis, faktual dan teliti. Metode analisis kualitatif bertujuan untuk mengungkapkan karakteristik kemungkinan puisi Selamat Pagi Indonesia karya Sapardi Djoko Damono layak atau tidak jika dijadikan bahan ajar Apresiasi Sastra  di SMA. Hasil hipotesis penelitian dapat diterima, hal ini dapat tergambar dari hasil penilaian puisi Selamat Pagi Indonesia karya Sapardi Djoko Damono ditinjau dari unsur diksi yang memenuhi syarat atau layak sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMA.

Hasil penelitian menunjukkan unsur diksi Selamat Pagi Indonesia karya Sapardi Djoko Damono Layak sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMA terlihat dari isinya yang sesuai dengan karakteristik, pengalaman dan kebutuhan siswa SMA.

 

Kata kunci: penggunaan diksi, puisi, bahan ajar, pembelajaran sastra


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.