PENERAPAN TEKNIK PIKIR PLUS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN

Ima Siti Rahmawati

Abstract


PENERAPAN TEKNIK PIKIR PLUS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN

 

oleh

Ima Siti Rahmawati

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

 

 

ABSTRAK

 

Judul penelitian ini adalah “Penerapan Teknik Pikir Plus dalam Pembelajaran Menulis Cerpen (Eksperimen Semu di Kelas X SMAN 1 Maja Tahun Ajaran 2015/2016)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis cerpen siswa yang masih rendah. Ini terjadi karena penggunaan teknik pembelajaran menulis cerpen masih monoton. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengujicobakan teknik Pikir Plus dalam pembelajaran menulis cerpen.

Penelitian ini hendak menjawab rumusan masalah berikut: (1) bagaimana kemampuan siswa dalam menulis cerpen sebelum diberi teknik Pikir Plus; (2) bagaimana kemampuan siswa dalam menulis cerpen setelah diberi teknik Pikir Plus; (3) adakah perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam menulis cerpen sebelum dan setelah diberi teknik Pikir Plus?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan siswa dalam menulis cerpen sebelum diberi teknik Pikir Plus; (2) kemampuan siswa dalam menulis cerpen setelah diberi teknik Pikir Plus;(3)tingkat perbedaan kemampuan siswa dalam menulis cerpen sebelum dan setelah diberi teknik Pikir Plus.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain tes awal dan tes akhir kelompok tunggal (the one group pretest posttest) yang dilakukan pada anggota populasi penelitian, yaitu kelas X SMAN 1 Maja tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel penelitian kelas X-3 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, kelas tersebut diberi tes sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah lembar tes.

Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan derajat kebebasan 29 diketahui harga ttabel dengan taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 95% adalah 2,628. Hal ini berarti bahwa thitung>ttabel atau 7,97 > 2,628. Artinya, tingkat kemampuan siswa kelas X-3 SMAN 1 Maja dalam menulis cerpen sebelum dan sesudahmengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan teknik Pikir Plus ternyata menunjukkan perbedaan yang signifikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.