ABSTRAK SIKAP DAN MOTIVASI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI DIKAITKAN DENGAN HASIL BELAJAR GERAK SISWA SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN MAJALENGAKA

Davi Sofyan

Abstract


ABSTRAK

SIKAP DAN MOTIVASI GURU TERHADAP

IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI DIKAITKAN DENGAN HASIL BELAJAR GERAK SISWA SEKOLAH DASAR

SE-KABUPATEN MAJALENGAKA

 

Oleh:

Davi Sofyan

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai sikap dan motivasi guru terhadap implementasi kurikulum pendidikan jasmani dikaitkan dengan hasil belajar gerak siswa Sekolah Dasar se-Kabupaten Majalengka.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional.Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu sampel guru dan siswa.Sampel guru dipilih secara purposive sembilan guru pendidikan jasmani dan sampel siswa dipilih secara purposive sebanyak 170 siswa.Sampel penelitian adalah guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar se-Kabupaten Majalengka yang telah mensosialisasikan kurikulum 2013 sebanyak sembilan orang dari sembilan Sekolah Dasar. Kemudian untuk sampel siswa adalah siswa putra kelas IV Sekolah Dasar Majalengka Kulon II, Majalengka Wetan VII, Liangjulang I, Pasir I, Nanggewer, Cigasong I, Banjaran I, Campaga dan Sadawangi III dengan jumlah 170 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner, dan nilai raport kelas IV sebagai data sekunder.

Hasil dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, 1) Sikap guru terhadap implementasi kurikulum pendidikan jasmani bersikap setuju; 2) Motivasi guru terhadap implementasi kurikulum pendidikan jasmani memiliki motivasi tinggi; 3) Terdapat hubungan yang positif antara sikap guru dengan hasil belajar gerak siswa Sekolah Dasar(0,855); 4) Terdapat hubungan yang positif antara motivasi guru dengan hasil belajar gerak siswa Sekolah Dasar (0,936).

 

Kata kunci : Sikap, Motivasi, Implementasi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar Gerak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.