PENGARUH MODIFIKASI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN DASAR SEPAK BOLA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMK KORPRI Majalengka).

Bayu Dwi Febrianto

Abstract


ABSTRAK

PENGARUH MODIFIKASI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN DASAR SEPAK BOLA

(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMK KORPRI Majalengka).

 

Bayu Dwi Febrianto (2015).

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahu ipengaruh modifikasi pembelajaran terhadap keterampilan dasar siswa SMK KORPRI Majalengka. (2) Mengetahui pengaruh modifikasi pembelajaran terhadap keterampilan dasar sepak bola pada siswa motivasi tinggi . (3) Mengetahui Apakah terdapat perbedaan pengaruh modifikasi pembelajaran terhadap keterampilan dasar siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah dalam pembelajaran sepak bola.(4) Mengetahui Apakah terjadi interaksi antara modifikasi pembelajaran dan motivasi terhadap keterampilan dasar dalam pembelajaran sepak bola.

 Instrument yang digunakan adalah tes keterampilan dasar sepak bola. Desain penelitian yang digunakan adalah Factorial Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki kelas XI  jurusan teknik permesinan di sekolah tersebut dan sampelnya adalah dipilih 1 kelas secara acak dari keseluruhan kelas atas tersebut.jumlah sampelnya 32 orang laki-laki. Analisis data yang digunakan adalah Uji Paired Sample t-test dan Independent Sample t-test Post test.

Hasil yang diperoleh adalah (1) Terdapat pengaruh modifikasi pembelajaran terhadap keterampilan dasar siswa dalam pembelajaran permainan sepak bola, (2) Terdapat pengaruh modifikasi pembelajaran terhadap keterampilan dasar siswa yang memilikimotivasi tinggi dalam pembelajaran permainan sepak bola, (3) Modifikasi pembelajaran tidak memberikan perbedaan pengaruh terhadap keterampilan dasar antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah dalam pembelajaran sepak bola, (4) Tidak terdapat interaksi antara modifikasi pembelajaran dan motivasi terhadap keterampilan dasar dalam pembelajaran sepak bola.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.