HUBUNGAN PENGETAHUAN KESEHATAN PRIBADI DENGAN PERILAKU HIDUP SEHAT PADA SISWA KELAS III s.d. VISD NEGERI BONANG 1 KECAMATAN PANYINGKIRAN KABUPATEN MAJALENGKA

Udi Sahudi

Abstract


HUBUNGAN PENGETAHUAN KESEHATAN PRIBADI DENGAN PERILAKU HIDUP SEHAT PADA SISWA KELAS III s.d. VISD NEGERI BONANG 1

KECAMATAN PANYINGKIRAN KABUPATEN MAJALENGKA

 

oleh

Udi Sahudi

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan tingkat kesehatan pribadi siswa kelas III-VI SD Negeri Bonang I Kecamatan Panyingkiran Kabupaten MajalengkaTahun Pelajaran 2014/2015. Diharapkan hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai sumbangan pemikiran untuk kemajuan dibidang kesehatan khususnya kesehatan pribadi siswa dan dapat dijadikan sebagai bahan acuan bagi para pengajar olahraga di Sekolah Dasar untuk meningkatkan kesehatan pribadi siswanya.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Bonang I Kecamatan Panyingkiran Kabupaten MajalengkaTahun Pelajaran 2014/2015, sebanyak 204 siswa. Sedangkan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini siswa kelas III-VI sebanyak 135 siswa. Variabel dalam penelitian ini ada satu yaitu kesehatan pribadi siswa SD Negeri Bonang I Kecamatan Panyingkiran Kabupaten MajalengkaTahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan yang digunakan adalah teknik survei dengan menggunakan angket atau quesioner dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunkaan teknik deskriptif persentase. 

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kesehatan pribadi siswa SD Negeri Bonang I Kecamatan Panyingkiran Kabupaten MajalengkaTahun Pelajaran 2014/2015 sebesar 103,3 dengan persentase 77,9% dan termasuk kategori baik. Ditinjau dari hasil analisis tiap aspek menunjang bahwa baiknya kesehatan pribadi siswa ditunjukkan dari usaha menjaga kebersihan kulit sangat baik (85,9%), menjaga kesehatan telinga baik (71,1%), usaha menjaga kebersihan rambut baik (80,2%), usaha menjaga kebersihan kuku baik (81,3%), usaha menjaga kebersihan hidung baik (73,3%), usaha menjaga kebersihan telinga baik (71,4%), usaha menjaga kebersihan mulut dan gigi baik (78,5%) dan usaha menjaga kebersihan pakaian baik (81,0%).

 Mengacu dari hasil penelitian,ternyata kesehatan pribadi siswa SD Negeri Bonang I Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengkasudah baik. Oleh karena itu, penulis mengajukan beberapa saran antara lain: 1) Bagi para siswa hendaknya senantiasa mempertahankan kebiasaannya untuk berperilaku hidup sehat tersebut yang telah baik dan senantiasa meningkatkannya menjadi lebih baik lagi agar mereka dapat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak bersih. Selain itu, dengan menjaga kesehatan pribadi yang baik tersebut mereka dapat terhindar dari terjadinya penyakit yang kronis karena timbulnya penyakit tersebut dapat diidentifikasi sedini mungkin, dan 2) Bagi sekolah hendaknya senantiasa membiasakan siswanya untuk berperilaku hidup sehat dengan mengefektifkan kembali fungsi UKS disekolah sebagai wadah pendidikan kesehatan bagi siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.