HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA KELAS VI SDN SUKASARI TAHUN AJARAN 2014/2015

Endi Rustandi

Abstract


HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA KELAS VI SDN SUKASARI

TAHUN AJARAN 2014/2015

 

oleh

Endi Rustandi

Dosen Prodi Pendidikan Jasmani, Kes dan Rekreasi

 

ABSTRAK

 

Pola asuh merupakan salah suatu cara atau upaya orang tua untuk mendidik anak-anaknya dan membangun karakter anak sejak usia dini dalam hal ini yaitu untuk mendidik kedisiplinan dalam pembelajaran penjas. Namun, pada kenyataannya proses kegiatan pembelajaran penjas yang dilaksanakan di SDN Sukasari 2014/2015 belum menunjukkan hasil pembelajaran penjas yang maksimal. Masih banyak siswa yang sering terlambat, tidak mengerjakan tugas dan sering melawan kepada guru dan tidak membawa pakaian olahraga. Rendahnya tingkat disiplin dalam proses pembelajaran penjas tersebut perlu ditelusuri faktor penyebabnya. Apakah karena lingkungan yang kurang baik atau pola asuh yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Penjas Siswa Kelas VI SDN Sukasari Tahun Ajaran 2014/2015.

Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah orang tua siswa SDN Sukasari yang berjumlah 16 siswa.

Berdasarkan data hasil penelitian yang terkumpul dan dilakukan analisis, maka diperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Terdapat Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan yang tinggi dengan Hasil Belajar Penjas Siswa Kelas VI SDN Sukasari Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai raport siswa dalam mata pembelajaran penjas siswa yang mendapatkan nilai 80 terdiri dari 11 siswa. Nilai 76 terdiri dari 1 siswa. Nilai 75 terdiri dari 1 siswa. Nilai 74 terdiri dari 1 siswa dan nilai 72 terdiri dari 2 siswa. Ini menyatakan bahwa terdapat Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Penjas Siswa Kelas VI SDN Sukasari Tahun Ajaran 2014/2015.
  2. Terdapat Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan yang tinggi dengan Hasil Belajar Penjas Siswa Kelas VI SDN Sukasari Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan nilar r-hitung 0.920 > r-tabel 0.623.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.