Hubungan Anxiety dengan Keterampilan Pitcher Softball (Suatu Studi Kejuaraan Softball Gorgeous Cup 2012)

Brio Alfatihah Rama yudha

Abstract


Hubungan Anxiety dengan Keterampilan Pitcher Softball

(Suatu Studi Kejuaraan Softball Gorgeous Cup 2012)

 

oleh

Brio Alfatihah Rama Yuda

Dosen Prodi Pendidikan Jasmani, Kes dan Rekreasi

 

ABSTRAK

 

Dalam diri seorang atlet tidak hanya dibutuhkan penguasaan teknik, taktik dan strategi saja, tetapi faktor psikologi juga sangat mempengaruhi terhadap keberhasilan seorang atlet. Begitu pula dengan seorang pitcher tidak hanya memiliki kemampuan dalam melempar dengan baik saja, tetapi harus didukung oleh mental yang baik pula. Dalam hal ini dunia olahraga yang bersifat kompetitif sering dihadapkan dengan berbagai macam situasi pertandingan yang dapat menyebabkan timbulnya kecemasan atau anxiety dalam diri seorang pitcher yang akan mempengaruhi terhadap keterampilan dalam melempar. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai anxiety dengan keterampilan pitcher.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara anxiety dengan keterampilan pitcher. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi pada saat sekarang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan Earned Run Avarage (ERA) terhadap 25 orang pitcher yang mengikuti Kejuaraan Gorgeous Cup XII 2012. Kedua puluh lima pitcher atau sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampel bertujuan (Purposive Sampling). Diduga ada hubungan antara anxiety dengan keterampilan pitcher.

            Hasil pengolahan dan analisis data membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara anxiety dengan keterampilan pitcher. Hal ini berarti bahwa anxiety memberikan pengaruh terhadap keterampilan pitcher. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada para pembina agar program yang dibuat tidak hanya terfokus pada latihan fisik saja tetapi juga benar-benar memperhatikan kondisi mental atletnya dengan membuat program latihan mental. Selain itu, atlet agar tetap fokus dan konsenstrasi pada tiap pertandingan karena akan memudahkan menguasai keterampilan gerak.

 

Kata Kunci: Anxiety, Keterampilan, Pitcher, Softball


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.