PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA TIM PADA PERMAINAN SEPAK TAKRAW

Ali Priyono

Abstract


ABSTRAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA TIM PADA PERMAINAN SEPAK TAKRAW

 

Ali Priyono, M. Pd

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Majalengka

 

Permainan sepak takraw merupakan permainan yang dimainkan oleh dua regu yang saling berhadapan yang menuntut kerjasama tim yang baik agar mampu mematikan lawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kerjasama tim dalam bermain sepak takraw, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh suatu model pembelajaran terhadap hasil peningkatan kerjasama. Sehubungan dengan itu, peneliti berinisiatif meneliti dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kerjasama pada permainan sepak takraw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan sebuah penelitian yang memberikan perlakukan (treatment) kepada objek penelitinya. Sebelum diberikan perlakuan, terlebih dahulu melakukan tes awal untuk mengetahui hasil sebelum diberikan perlakuan serta diakhiri dengan tes akhir untuk mengetahui hasil setelah diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah angket dan observasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi (pengamatan) dan dokumentasi foto. Pengolahan data dengan analisis statistik, menguji normalitas suatu data serta menganalisis data dengan menggunakan uji wilcoxon.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw, sedangkan sampel yang digunakan yaitu total sampling atau sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel. Sampel yang digunakan adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw di SDN Andir Kidul Kota Bandung sebanyak 10 orang. Aspek yang dinilai dalam permainan sepak takraw dengan model pembelajaran kooperatif adalah perlakuan dan proses dari unsur dan faktor kerjasama. Berdasarkan analisis data, rank positif diperoleh lebih besar yaitu 10 dan Zhitung (-2,805) terlihat dari nilai signifikan yang lebih kecil dari α = 0,05 sehingga menolak H0 ini berarti terdapat perbedaan kerjasama tim siswa permainan sepak takraw yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif di SDN Andir Kidul Kota Bandung. Siswa yang sudah diberikan model pembelajaran kooperatif mempunyai  peningkatan  lebih  baik dibandingkan dengan siswa yang belum diberikan penerapan model pembelajaran kooperatif dalam hal kerjasama tim siswa pada permainan sepak takraw di SDN Andir Kidul Kota Bandung.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.