Pendekatan Saintifik Dalam Perspektif Teori Belajar Vygotsky

Megita Dwi Pamungkas, Erik Santoso, Rochmad Rochmad, Isnarto Isnarto

Abstract


Diterapkannya Kuruikulum 2013 mengharuskan guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merubah paradigma bahwa peran guru dalam pembelajaran harus berkurang, hal ini sesuai dengan teori belajar Vygotsky mengenai Scaffolding. Hasil kajian ini menyimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki irisan dengan teori belajar Vygotsky. Bahwa di dalam pendekatan saintifik perlu adanya lingkungan social yang baik sangat sesuai dengan teori yang dikembangkan Vygotsky. Teory Vygotsky yang terkenal salah satu diantarnaya mengenai scaffolding. Teori ini sangat berhubungan sekali dengan pendekatan saintifik bahwa peran guru dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik harus menjadi fasilitator melalui bimbingan kepada siswanya.

Full Text:

PDF

References


Anthis, K., & Adams, L. (2012). Scaffolding. Teaching of Psychology, 39(4), 284–287. https://doi.org/10.1177/0098628312456629

As’ari, A. R. (2013). Mewujudkan Pendekatan Saintifik Dalam Kelas Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, March 2015, 1–21. https://doi.org/10.13140/2.1.5059.2808

Bakti Gunawn. (2012). Penerapan Teori Belajar Vygotsky dalam Interaksi Belajar Mengajar. 1–13. http://www.kompasiana.com/baktigunawan/penerapan-teori-belajar-vygotsky-dalam-interaksi-belajar-mengajar_550d985b8133115d22b1e4d8

Danoebroto, S. W. (2017). Interaksi budaya dan perkembangan kemampuan berpikir matematis ditinjau dari teori vygotsky dan teori bruner. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(7), 480–488. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V4.7-08-Danoebroto.pdf

Gumilang, T. F., Usodo, B., & Pramudya, I. (2018). The teacher understanding of probability using scientific approach. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012034

Kusmaryono, I., & Suyitno, H. (2016). The Effect of Constructivist Learning Using Scientific Approach on Mathematical Power and Conceptual Understanding of Students Grade IV. Journal of Physics: Conference Series, 693(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/693/1/012019

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Nurafifah, A., Budi, A. S., & Siahaan, B. Z. (2017). Developing Wave Encyclopaedia based on Scientific Approach. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012018

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886

Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633

Serevina, V., & Muliyati, D. (2018). Development of student performance assessment based on scientific approach for a basic physics practicum in simple harmonic motion materials. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012051

Sinambela, P. nauli josip mario. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29.

Suharto, V. T., Waraulia, A. M., & Hermayani, T. (2020). The implementation of innovative learning models and based hots scientific approach on lesson plan of Indonesian language at schools. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012023

Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293–302. https://doi.org/10.29333/iejme/5715

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim, 1(1), 59–72.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Widiani, T., Rif’at, M., & Ijuddin, R. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa. Pgmi, 5, 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13550

Yohanes, R. S. (2010). Teori Vygotsky dan implikasinya terhadap pembelajaran matematika. Jurnal Widya Warta, XXXIV(2), 854–1981.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i3.2525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :