Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar

Pepi Rostikawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran berbasis massalah dengan pendekatan saintifik. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan subyek kelas V SDN Sukamahi 2 Tahun 2018-2019 berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data at disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil belajar skor rata-rata pra siklus adalah 63, meningkat pada siklus I 74 dan siklus II menjadi 82. Aktifitas siswa pada siklus II mencapai 86%.


Full Text:

PDF

References


Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538

Argaswari, D. P. A. D. (2018). Integrasi Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Atensi Siswa. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 59. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.950

Cazzola, M. (2008). Problem-based learning and Mathematics: Possible Synergical Actions. Proceeding, IATED (In- Ternational Association of Technology, Education and Development), Valencia, Spain, 2008, 2008.

Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa Sma. Infinity Journal, 2(2), 194. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.35

Fadhilaturrahmi, F. (2017). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK di SEKOLAH DASAR. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 109. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7078

Gürsul, F., & Keser, H. (2009). The effects of online and face to face problem based learning environments in mathematics education on student’s academic achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 2817–2824. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.501

Kenedi, A. K. (2018). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. February. https://doi.org/10.31219/osf.io/538q2

Kusmaryono, I., & Suyitno, H. (2016). The Effect of Constructivist Learning Using Scientific Approach on Mathematical Power and Conceptual Understanding of Students Grade IV. Journal of Physics: Conference Series, 693(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/693/1/012019

Merritt, J., Lee, M. L., Rillero, P., & Kinach, B. M. (2017). Problem-Based Learning in K – 8 Mathematics and Science Education : A Literature Review The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning Special Issue On Competency Orientation in Problem-BasED Learning Problem-Based Learning in K – 8 Mathematics a. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 5–17.

Mulyanto, H., Gunarhadi, G., & Indriayu, M. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thinking Skills. International Journal of Educational Research Review, 3(2), 37–45. https://doi.org/10.24331/ijere.408454

Ramdani, Y. (2006). KAJIAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MELALUI ETIKA PEMODELAN MATEMATIKA Yani Ramdani *. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 2. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/198

Rochani, S. (2016). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.5722

Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633

Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119

Sariningsih, R., & Kadarisma, G. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika. P2M STKIP Siliwangi, 3(1), 53. https://doi.org/10.22460/p2m.v3i1p53-56.478

Suwarjo, B., Suhandini, P., & Suanrso, A. (2016). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Disiplin Terhadap Penyelesaian Masalah Matematika Sd. Journal of Primary Education, 5(1), 21–26. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293–302. https://doi.org/10.29333/iejme/5715

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68.

Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah Matematika: Alternatif Strategi Pembelajaran Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.6

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i3.2523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :