Pembelajaran Penaksiran Dan Pembulatan Suatu Bilangan Dengan Media Benda-Benda Konkrit Di Kelas VIB SDN 1 Marikangen

Masedi Masedi

Abstract


Masalah yang dihadapi guru adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran Penaksiran dan Penjumlahan Suatu Bilangan,pada hal guru sudah maksimal dalam pembelajaan seperti persiapan, menentukan langkah-langkah dan  lainnya, namun masih ada 75 % siswa mencapai nilai di bawah KKM 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IVB SD Negeri 1 Marikangen dalam memahami Penjelasan Narasumber guru kelas IVB dalam pembelajaran Matematika tentang “Penaksiran dan Pembulatan suatu Bilangan” dengan penerapan Media Pembelajaran Benda-benda Konkrit, sehingga pembelajaran Matematika menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelas IVB SD Negeri 1 Marikangen Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Secara umum prosedur penelitian dalam setiap tindakan adalah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi hasil penelitian tindakan dan hasilnya menunjukkan: berdasarkan analisis data selama siklus I dan siklus II dapat disimpulkan terjadi perubahan kemampuan siswa yang meningkat baik secara kuantitatif maupun kualitatif, yaitu:  Secara kuantitatif terhadap hasil pretest dan post test menunjukkan hasil rata-rata skor, yaitu: 1. Hasil awal (Pra test) menunjukkan skor rata-rata: 58,47. 2. Hasil pada siklus I naik menjadi skor rata-rata: 65,58.  3. Hasil pada siklus II naik menjadi skor rata-rata: 82,94. Secara kualitatif terhadap motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran Matematika tentang “Penaksiran dan Pembulatan suatu Bilangan” menunjukkan: 1. Pada siklus I menunjukkan rata-rata 68 % (Baik). 2. Pada siklus II naik, dan menunjukkan rata-rata 88 (Baik sekali). Kinerja guru dalam dalam proses pemnelajaran Matematika tentang “Penaksiran dan Pembulatan suatu Bilangan”  menunjukkan: 1. Pada siklus I menunjukkan rata-rata 72  % (baik). 2. Pada siklus II naik, dan menunjukkan rata-rata 88 % (baik sekali). Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan terbukti, yaitu dengan menerapkan Media Pembelajaran Benda-benda Konkrit dalam meningkatkan hasil belajar Matematika tentang “Penaksiran dan Pembulatan suatu Bilangan” di Kelas IVB SD Negeri 1 Marikangen Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon

Full Text:

PDF

References


Ahmad Mudzakir dan Joko Sutrisno, 1997, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Pustaka setia.

Dahlan, M.D, 1990, Model-model Mengajar, Bandung: Penerbit Diponegoro.

Dave Meler, 2005, The Accelerated Learning Handbook (Panduan Kreatif dan Effektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan,Penerbiat Mizan Pustaka, Bandung.

Hari Mulyadi, 2008, Modul Model Pembelajaran, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia,.

Kokom Komalasari, 2010, Pembelajaran Kontekstual Konsep Aplikasi, Bandung, Penerbit PT. Refika Aditama.

Ngalim Purwanto, 19886, Psikologi Pendidikan, Bandung: Penerbit Remaja Rosda Karya.

Ruseffendi, ET., 1991, Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi dalam Pengajaran untuk Meningkatkan CBSA, Bandung Penerbit Tarsito.

Slameto, 1988, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Penerbit CV.Bina Aksara,.

Suharsimi Arikunto, dkk., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Penerbit: PT. Bumi Aksara.

Team Penyusun MGMP, tt., Rajin Berlatih Matematika untuk MTS/ SMP, semester Ganjil, Kelas VII, Klaten : Penerbit Sekawan.

Usman Effendi, 1984, Pengantar Psikologi, Bandung, Penerbit Angkasa Baru.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i3.2516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :