Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari Self Esteem

Intan Alifiani

Abstract


Rasa Penghargaan diri (self esteem) dapat ditunjukkan dengan pengakuan dari guru atau teman sekelas yang menyebabkan respon yang berbeda-beda dari siswa. Tujuan penelitian ini adalah menemukan pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (KBKM) siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari self-esteem. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang Tahun Akademik 2017/2018. Subjek penelitian diambil dengan cara memilih 6 siswa berdasarkan tingkat self-esteem. Pengumpulan data dilakukan dengan kuosioner, observasi, tes, dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian KBKM siswa dengan self-esteem tinggi dalam memecahkan masalah dapat memenuhi indikator keaslian sedangkan pada siswa dengan self-esteem rendah belum dapat memenuhi indikator keaslian. Baik siswa dengan self-esteem tinggi maupun rendah untuk pencapaian indikator kelancaran, keluwesan, dan keterincian masing-masing siswa berbeda. Berdasarkan hasil penelitian perlu digali lebih lanjut alasan perbedaan pencapaian KBKM siswa dengan cara diberikan soal sejenis atau menambah subjek penelitian untuk masing-masing tingkat self-esteem.

Keywords


kemampuan berpikir kreatif matematis, self-esteem

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i3.2515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :