Upaya Meningkatkan Pembelajaran Matematika melalui PJBL Variasi Group Resume dengan Media Permainan BuHaRun Pada Siswa Kelas IVA SD Negeri Tunas Harapan Losarang Indramayu.

Wiwin Winarsih

Abstract


Berdasarkan observasi dan refleksi peneliti di kelas IVA SD Negeri Tunas Harapan Losarang Indramayu.  menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki kemampuan dalam pembelajaran dan menghasilkan suatu karya dalam pembelajaran, dan guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik siswa. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Maka dari itu dilakukan perbaikan dengan menerapkan model PJBL Variasi Group Resume dengan Media Permainan untuk meningkatkan  kualitas  pembelajaran  matematika.  Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) keterampilan guru pada siklus I dan II memperoleh skor 32 (baik) dan 39,5 (sangat baik); (2) aktivitas siswa pada siklus I dan II memperoleh skor 17,16 (baik) dan  24,96 (sangat baik); (3) iklim pembelajaran pada siklus  I dan  II memperoleh  skor 12 (sangat baik)  dan 13 (sangat baik); (4) kualitas materi pembelajaran pada siklus I dan II memperoleh skor 5,5 (baik) dan 6 (sangat baik); (5) kualitas media pembelajaran pada siklus I dan II memperoleh skor 14 (sangat baik) dan 14,5 (sangat baik); (6) hasil belajar siswa pada siklus I dan II memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 70% dan 81,8%.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Anitah W, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aqib, Zainal, dkk. 2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi, Aksara.

Arsyad, Azhar.2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada. Astriyani, dkk. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept mapping Group Resume (CMGR) dan Concept mapping (CM) Ditinjau dari Motivasi Peserta Didik.

Bagheri, Mohsen, dkk. 2013. Effects of Project-based Learning Strategy on Self-directed Learning Skills of Educational Technology Students. Contemporary Educational Technology. 4 (1): 15-29

Bas, Gokhan. 2013. Investigating The Effects Of Project-Based Learning On Students‟ Academic Achivement And Attitudes Towards English Lesson. The Online Journal Of New Horizons In Education. 1(4): 1-15

BSNP.2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BSNP

Budhayanti, Clara Ika Sari, dkk. 2008. Bahan Ajar Cetak Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas

Burhan dan Astuty. 2008. Ayo Belajar Matematika Untuk SD dan MI kelas IV.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

.2005. PPRI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Bandung: Citra Umbara

Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Dimyati, dkk. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka

Setia Jihad, dkk. 2012. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo

Karim, dkk. 2009. Pendidikan Matematika 2.Jakarta: Universitas Terbuka

Karso, dkk. 2004. Pendidikan Matematika 1.Jakarta: Universitas Terbuka

Kauchak, Donald P. dan Eggen, Paul D.. 1998. Learning Teaching Massachusetts: Allyn and Bacon




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i3.2495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :