Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMR)

Anih Sugriani

Abstract


Berdasarkan proses pembelajaran yang telah dilakukan pemahaman konsep matematika pada materi penjumlahan pecahan di kelas V SD Negeri Cikondang  masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cikondang  tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 19 orang. Tindakan penelitian dilakukan  dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik analisis deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi terhadap aktivitas  guru dalam pembelajaran  ada peningkatan yakni pada siklus I tindakan 1 bernilai 90,74%, pada siklus I tindakan 2 bernilai 91,66%. Pada siklus II tindakan 1 mencapai 94,43% dan meningkat lagi pada siklus II tindakan 2 yaitu 98,14%. Dalam pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa  juga ada peningkatan, yakni pada siklus I tindakan 1  bernilai 44% (kategori cukup), sedangkan pada siklus I tindakan 2  bernilai 60% (kategori baik). Dan pada siklus II tindakan 1 aktivitas siswa meningkat menjadi 75% (kategori baik)  sedangkan pada siklus II tindakan 2 meningkat menjadi 88% (kategori baik sekali). Pemahaman konsep  berhasil meningkat dengan diperolehnya nilai kemampuan awal sebesar 47,37%. Pada  siklus I meningkat menjadi 68,42% dan  pada siklus II sebesar 100%.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Zulkardi. (2003). Pendidikan Matematika di Indonesia Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.

Herumen. (2008). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Chusna, P, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan Pecahan. Mahasiswa IAIN Tulungagung : Tidak Diterbitkan.

Van De Walle, J. (2008). Pengembangan Pengajaran Sekolah Dasar Dan Menengah Matematika Edisi Keenam Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Harja, M. (2011). Pemahaman Konsep Matematis. [on line]. Tersedia : http://mediaharja.blogspot.com.2011/11.pemahaman-konsep. html? m=1. [05 Maret 2016]

Supinah dan Agus DW. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Modul Matematika SD Program Bermutu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anih Sugriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :