Peningkatan Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Divisions pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 4 Bumijawa

Maprokhi Maprokhi

Abstract


AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IXA SMP Negeri 4 Bumijawa Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang terdiri dari lima komponen: (1) presentasi kelas, (2) tim (kelompok), (3) kuis, (4) skor kemajuan individu, dan (5) rekognisi tim (penghargaan kelompok). Penelitian dilaksanakan di Kelas IXA SMP Negeri 4 Bumijawa Kabupaten Tegal dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas ini adalah instrumen pengukuran hasil belajar berupa instrumen tes tertulis berbentuk uraian, instrumen pengukuran minat belajar matematika berupa angket, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata nilai hasil belajar meningkat dari  49,95 pada kondisi awal menjadi 63,8 pada siklus I dan 83 pada siklus II. Persentase siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan dari 20% pada kondisi awal menjadi 40%  pada siklus I dan 80%  pada siklus II. Rata-rata skor minat belajar matematika juga mengalami peningkatan dari 64,85 (kategori rendah) pada siklus I menjadi 75,85 (kategori sedang) pada siklus I dan 94,25 (kategori tinggi) pada siklus II. Persentase siswa yang mendapatkan skor minat belajar matematika minimal tinggi (tinggi dan sangat tinggi) mengalami peningkatan dari 15%  pada kondisi awal menjadi 30%  pada siklus I dan 85% pada siklus II. Sementara untuk rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD juga mengalami peningkatan dari 79,63% (kriteria cukup) pada siklus I menjadi 93,52% (kriteria sangat tinggi) pada siklus II. Karena indikator keberhasilan/indikator kinerja telah dipenuhi semua pada siklus II, maka penelitian dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IXA SMP Negeri 4 Bumijawa semester 1 tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: PTK, kooperatif, STAD,  hasil belajar, minat belajar

Full Text:

PDF

References


Collete, A.T., & Chiappetta, E.L. 1994. Science teaching in the middle and secondary schools (3rd ed). New York: Maxwell Macmillan, Inc.

Firmanto, I.A. & Sapti, M. 2013. Meningkatkan minat dan hasil belajar matematika melalui metode STAD menggunakan LKS berbasis PMR. Diambil pada tanggal 30 Juli 2017, dari http://download. portalgaruda.org.

Hopkins, D. 2008. A Teacher’s guide to classroom research. Berkshire: Open University Press.

Kemdikbud. 2014. Materi pelatihan implementasi kurikulum 2013 tahun 2014 mata pelajaran matematika SMP/MTs: untuk guru. Jakarta: Kemdikbud.

Mendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. Reston, V.A: NCTM.

Nitko, A.J. & Brookhart, S.M. 2011. Educational assesment of students. Boston: Pearson Education, Inc.

Sardin & Sunandar, A. 2018. Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap higher order thinking skill (HOTS) siswa kelas X SMA Negeri 2 Baubau. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 3(2), 1-9.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, R. E. 2010. Cooperative learning: teori, riset, dan praktik. Bandung: Nusa Media.

Sutherland, R. 2007. Teaching for learning mathematics. New York: Open University Press.

Widoyoko, S.E.P. 2014. Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.